Yurni Dewi Buka FGD Pembinaan Statistik Sektoral Penyusunan Publikasi Pesibar

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Staf Ahli Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Yurni Dewi, S.Pd., membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembinaan statistik sektoral penyusunan publikasi Pesibar dalam angka Tahun 2024, yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Barat (Lambar), di ruang rapat Sekda, Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala BPS Lambar, Ir. Nasrullah Arsyad, M.M., dan diikuti oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar.

Dalam sambutannya Staf Ahli Bupati Yurni Dewi menilai kegiatan tersebut cukup penting dalam rangka menghasilkan publikasi Pesibar dalam angka yang lengkap dan uptodate sesuai dengan kebutuhan perencanaan dan pembangunan di Pesibar.

"Terlebih data memegang peranan yang sangat vital dalam proses perumusan kebijakan," ujar Staf Ahli Bupati Yurni Dewi.

Menurut Staf Ahli Bupati Yurni Dewi, data statistik menjadi pondasi tak tergantikan dalam memahami kondisi masyarakat, mengidentifikasi problem dan oportunity, hingga merancang kebijakan sehingga menjadi program yang tepat guna. "Dengan data statistik yang akurat, dapat dipastikan bahwa kebijakan yang diambil memiliki dasar yang kuat dan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat," jelas Staf Ahli Bupati Yurni Dewi.

Sementara bagi Pemkab Pesibar, publikasi Pesibar dalam angka selama ini menjadi rujukan penting, tidak saja untuk mendapatkan gambaran sejauh mana kinerja pembangunan di berbagai sektor telah dicapai, tapi juga menjadi acuan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ke depan.  

"Mengingat kebutuhan terhadap data yang lengkap dan berkualitas kini semakin meningkat dan penggunaan data dalam pengambilan setiap kebijakan (evidence based policy) dewasa ini semakin dinilai sangat penting dan menjadi tuntutan, maka kegiatan kali ini adalah forum strategis untuk berdiskusi secara intensif dan komperhensif untuk lebih melengkapi dan menyempurnakan publikasi Pesibar dalam angka kedepan yang secara rutin dirilis oleh BPS Lambar pada akhir Februari disetiap tahunnya," pungkas Staf Ahli Bupati Yurni Dewi.

Staf Ahli Bupati Yurni Dewi berharap melalui kegiatan dimaksud, para peserta yang mewakili masing-masing OPD dapat proaktif dalam mencermati data sektoralnya masing-masing yang sudah tertuang pada publikasi Pesibar dalam angka 2024. "Cermati secara detail terkait data strategis yang dimiliki masing-masing OPD apakah sudah tercakup secara keseluruhan. Sebaliknya jika belum maka bisa disampaikan dan diinventarisir agar pada publikasi mendatang dapat dimasukkan ke dalam publikasi Pesibar dalam angka," pinta Staf Ahli Bupati Yurni Dewi.

Dengan demikian publikasi terkait data statistik Pesibar semakin lengkap sehingga publikasi tersebut diharapkan dapat dijadikan rujukan bersama dalam pembuatan kebijakan dan evaluasi. "Pemkab Pesibar juga berharap agar BPS Lambar untuk terus berinovasi dalam menyusun dan menyajikan publikasi Pesibar dalam angka, sehingga pada akhirnya kedepan Pesibar akan memiliki sebuah kumpulan data sektoral yang bisa menjadi etalase bagi siapapun yang ingin mengenal dan membutuhkan data dan informasi terkait Pesibar," tukas Staf Ahli Bupati Yurni Dewi. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar