Musa Ahmad Ajak Semua Pihak Sinergi Ciptakan Pemilu yang Tertib

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad

BlogGua, Lampung - Rapat Koordinasi (Rakor) sangat penting dilakukan sebelum dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu), dengan melibatkan semua instansi dan lembaga untuk saling mengisi dan bersinergi, sehingga Pemilu nanti dapat berjalan tertib dan tanpa ada kendala.

Hal itu ditegaskan Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad saat menghadiri Rakor Persiapan Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang diselenggerakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Tengah (Lamteng) di Aula Hotel BBC Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Senin (05/02/2024).

"Kelancaran Pemilu serentak di Lamteng merupakan tanggungjawab bersama, dan tidak harus berpangku tangan pada pemerintah daerah," jelas Musa Ahmad seraya mengajak semua penyelenggaraan Pemilu untuk terus menjaga netralitas, dan mampu menciptakan pemilu yang jujur dan langsung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Lamteng Ricky Augusta menerangkan, Rakor dilaksanakan untuk memperkuat sinergitas antara penyelanggara, KPU dengan pihak terkait dan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng).

"Penyelenggaraan Pemilu serentak tinggal beberapa hari lagi, sehingga Rakor ini perlu dilaksanakan untuk memperkuat kesiapan daerah dalam penyelenggaraannya," imbuh Ricky dilanjutkan dengan penyampaian ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir untuk menyampaikan kesiapan masing-masing instansi yang dipimpin.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit pada Rakor tersebut juga memaparkan kesiapan kepolisian dalam menyambut Pemilu di wilayah hukum setempat. Andik juga memaparkan kesiapan pengamanan yang telah dilakukan jajarannya, baik di tingkat kecamatan bahkan hingga tempat pemungutan suara (TPS).

"Analisa pengamanan sudah kami lakukan, begitu juga pemetaan daerah-daerah yang ada rawan konflik saat pemilu nanti," imbuhnya.

Ketua KPU Lampung Tengah, Irawan Indrajaya menjelaskan, saat ini kendala yang dihadapi KPU salah satunya hanyalah penyaluran logistik Pemilu ke daerah terluar di Lampung Tengah seperti wilayah Bandar Mataram dan lain sebagainya. Namun, saat ini telah dibantu oleh Pemkab Lamteng dalam pendistribusiannya, sehingga mempermudah penyaluran.

Sementara itu Bawaslu Lamteng diwakili Harmono memaparkan, saat ini jajarannya belum mendapatkan laporan menonjol terkait kecurangan pemilu. Namun, tetap menerima banyak laporan masyarakat.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pabung Kodim 0411/KM, Ketua Pengadilan, Kejari Gunungsugih, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Ketua PPK dan Ketua Panwaslu Kecamatan se-Lampung Tengah. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar