Silahturahmi Bupati, PMI dan Tim SIBAT Tanggamus

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani Silahturahmi dan Halalbihalal dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tanggamus bersama Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), di Aula Balai Pekon Sedaya Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Senin (22/05/2023).

Dikesempatan itu Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus tersebut mengatakan kegiatan halalbihalal dimaksud guna menggalang silahturahmi, temu kangen diantaranya. Namun yang terpenting adalah mempererat rasa persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kemanusian.

"Saya sebagai Kepala Daerah mengucapkan terimakasih kepada PMI Tanggamus yang begitu peduli dan tanggap terhadap keadaan sosial kemasyarakatan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Tanggamus. Banyak program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dan sedang berjalan oleh PMI Tanggamus," imbuhnya..

Lanjut Bunda Dewi, bantuan dan kontribusi PMI bagi Kabupaten Tanggamus akan terus terasa dan dirasakan oleh masyarakat. PMI tetap mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara mandiri dan profesional pemerintah dan pemerintah daerah.

"Psda hari ini telah diserahkan bantuan berupa : Alat Komunikasi Radio Amatir, Alat Komunikasi HT, Alat Dapur Umum dan Bibit Pohon untuk Mitigasi Hijau Sekolah. Terkait bantuan-bantuan ini diucapkan terimakasih kepada PMI, semoga bermanfaat sebagai penunjang tugas pokok dan fungsi bagi penerima, yaitu TIM SIBAT Kecamatan Semaka yang menerimanya," jelasnya.

Pemda juga, kata Bunda Dewi, melalui Dinas Kesehatan terus mensupport gerak langkah organisasi PMI, yaitu: dengan dukungan dana hibah, dimana tahun ini kami berikan sebesar Rp.75 juta. Mengingat kondisi anggaran Pemda yang belum memungkinkan untuk memberikan lebih besar, semoga dengan anggaran ini dapat mensupport kegiatan PMI.

PMI Tanggamus adalah Organisasi Kemanusian yang terus berkomitmen bersama Pemerintah bersama dengan Relawan yang ada dan tersebar di berbagai wilayah. Dalam prosesnya PMI selalu bersama-sama dengan Pemerintah Tanggamus selalu bersiinergitas dalam permasalahan kemanusiaan, khususnya dalam kebencanaan baik alam ataupun non alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Harapan Bunda Dewi, PMI Tanggamus ini akan semakin solid, terus berinovasi dengan program dan tugas-tugas kemanusiaannya, serta pemerintah daerah siap untuk mensupport serta mendukung.

"Karena PMI adalah mitra Pemerintah Kabupaten Tanggamus,"tandasnya.

Sementara, Ketua PMI Tanggamus H. Samsul Hadi dalam sambutannya, juga menyampaikan beberapa program - program PMI yaitu , Program Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) bekerjasama dengan PMIAmCross (Palang Merah Amerika), Pembentukan Forum DAS (Daerah Aliran Sungai), bersama-sama Instansi terkait mengelola dan memanfaatkan DAS sehingga membawa kesejahteraan bagi semua, Jumpa Relawan PMI, melakukan pembinaan generasi muda melalui Palang Merah Remaja (PMR) dan Korps Sukarela (KSR), Pelaksanaan Vaksinasi Covid pada masa pandemi, Tugas rutin pelaksanaan Donor Darah, distribusi darah, Penanggulangan Bencana.

"Serta hari ini kami memberikan bantuan secara simbolis, Alat Komunikasi Radio Amatir, Alat Komunikasi HT, Alat Dapur Umum dan Bibit Pohon untuk Mitigasi Hijau Sekolah," imbuhnya.

Samsul Hadi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang terus memberikan support.

"Sehingga segala kegiatan bisa berjalan dengan baik," pungkasnya..

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Muhaimin Sastra Negara, Ketua PMI Tanggamus H. Samsul Hadi, Para OPD, Camat Semaka, Uspika Kecamatan Semaka, Para Kepala Pekon se-Kecematan Semaka, Para jajaran PMI dan Tim Sibat dan seluruh Tamu undangan serta masyarakat setempat. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar