Way Kanan Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Lampung

Momen kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Lampung Tahun 2023 di Lapangan Pemkab, Way Kanan, Lampung, Jum’at (17/03/2023).

Dikesempatan itu, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya yang menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Provinsi Lampung dibentuk dengan dasar ditetapkannya Peraturan Pemerintah Penganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1964.

Dimana awalnya, lanjut dia, pembentukan dibagi menjadi 4 (empat) wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kotapraja Tanjung Karang-Telukbetung. Sampai dengan saat ini, Provinsi Lampung terbagi kedalam 15 (lima belas) Kabupaten/Kota.

“Sejalan dengan tema “Lampung Bersinergi, Lampung Berprestasi”, Saya berharap kedepan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Sehingga kita dapat bersama-sama untuk terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat menuju Lampung Maju dan Berjaya. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang telah turut serta berpartisipasi dalam membangun hubungan harmonis di wilayah Provinsi Lampung,” ujar Adipati.

Disampaikan pula oleh Adipati bahwa hubungan harmonis di wilayah Provinsi Lampung dimaksud, terbukti dari Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB), Provinsi Lampung meraih angka kinerja 72,44 diatas angka KUP Nasional yaitu 72,39 yang mengindikasikan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik, dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

Selanjutnya, kata dia, pada Indeks Demokrasi Indonesia (IDI), Provinsi Lampung saat ini menempati peringkat ke-8 (Kategori Tinggi) dari 34 Provinsi se-Indonesia dengan capaian angka 80,18 yanng menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung. Serta yang ketiga yaitu Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK), Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian Nasional dengan angka 53,19 dimana capaian Nasional adalah sebesar 51,90, hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

“Usia ke-59 dapat memiliki makna yang penting. Karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya. Diusia ini, Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dapat hal infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Selain itu, masih kata dia, HUT ke-59 juga dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama ini serta merumuskan rencana strategis untuk mengatasi masalah dan mempercepat pembangunan di masa yang akan datang,”paparnya.

Disamping itu Adipati menyampaikan bahwa pada Perayaan HUT Ke-59 Provinsi Lampung juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas masyarakat Lampung, serta membangkitkan semangat kebanggaan dan cinta akan tanah kelahiran.

"Acara perayaan dapat juga menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan aktivitas pariwisata dan promosi budaya lokal serta promosi UMKM Produk Unggulan Lampung," pungkasnya.

Diketahui, usai pelaksanaan Upacara, dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja Ke- 73 dan HUT SATLINMAS Ke-71 Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Way Kanan, H. Ali Rahman,  Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul. Turut hadir juga para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Sekretaris DPRD, Inspektur Daerah Kabupaten, para Kepala Badan dan Dinas, Pimpinan Instansi Vertikal, para Kepala Bagian Setdakab, Direktur RSUD ZAPA, Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu, serta Organsiasi Wanita. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar