Musrenbang Terakhir di Kecamatan Pagar Dewa

Momen kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pagar Dewa merupakan jadwal terakhir yang di gelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Musrenbang merupakan momen yang dinanti-natikan lapisan masyarakat, bagaimana tidak, melalui Musrenbang selain terjalin silahturahmi antara masyarakat dan  Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, juga dapat melahirkan berbagai usulan dan harapan. 

Seperti halnya hari ini, pelaksanaan Musrenbang yang berlangsung di Pekon Sukajaya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Rabu (15/02/2023), apresiasi disampaikan Sugiono selaku tokoh masyarakat Pagar Dewa atas pembangunan yang telah digulirkan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat selama ini. 

Akan tetapi Musrenbang merupakan kegiatan Musyawarah perencanaan pembangunan, maka selayaknya anak meminta kepada orang tua, dirinya menyampaikan berbagai usulan diantaranya mengenai infrastruktur mantap, pembangunan jalan penghubung Pekon Pahayu Jaya menuju Sidodadi, Batu Api menuju Sidodadi dan Pekon Basungan ke-Batu Api. 

Dengan adanya usulan itu diharapkan penjabat Bupati beserta jajaran dapat memprioritaskan usulan tersebut, karena dengan adanya infrastruktur mantap dapat memeperlancar roda prekonomian lapisan masyarakat.  

Pelaksanaan musrenbang tahun 2023 merupakan yang pertama kalinya Nukman M.M memimpin jalannya Musrenbang semenjak dirinya dilantik sebagai Penjabat Bupati Lampung Barat melanjutkan kepemimpinan Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin. 

Dengan berakhirnya masa kepemimpinan Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin pada tanggal 11 Desember 2022 lalu, maka mengharuskan Kabupaten Lampung Barat memiliki Pj. Bupati.

Tepat ditanggal 18 desember lalu, Nukman mendapat amanah untuk melanjutkan kepemimpinan di kabupaten Lampung Barat.

Dalam kesempatan tersebut dirinya meminta maaf kepada seluruh lapisan masyarakat pasalnya tidak semua usulan dan harapan mereka dapat terpenuhi, hal tersebut dikarenakan mengingat anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Barat di tahun 2023 mengalami penurunan dari tahun 2022 lalu. 

Namun kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berkomitmen akan berupaya penuh untuk memilih dan memilah apa yang tergolong dalam usulan prioritas agar pembangunan tepat sasaran. 

Kedepannya pembangunan infrastruktur jalan Batu Api akan diprioritaskan dengan tujuan agar dapat menunjang roda perekonomian lapisan masyarakat Pagar Dewa. 

Oleh karena itu, Camat dan Peran serta lapisan masyarakat diharapkan agar terus menggali potensi yang ada, mengingat, Kecamatan Pagar Dewa merupakan sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani kopi, maka kedepannya harus dapat memaksimalkan potensi tersebut. 

Salah satu dengan menghadirkan dinas terkait untuk meminta penyuluhan serta menyampaikan keluh kesah mengenai permasalahan yang terjadi. 

Karena hal tersebut memang merupakan kewajiban dan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, sebab kemajuan suatu daerah tidak akan dapat berjalan dengan lancar tanpa turut peran dari lapisan masyarakat. 

Musrebang yang dimeriahkan tari-tarian dan berbagai pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Drs. Zelda Naturi M.M, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD), Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Peratin dan lapisan masyarakat. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar