Sekdaprov Buka Seminar Nasional bertajuk Bersama Membangun Menuju Lampung Berjaya

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto

BlogGua, Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Seminar Nasional 'Bersama Membangun Menuju Lampung Berjaya' di Ballrom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (25/01/2023). Salah satu yang menjadi pokok bahasan adalah upaya mewujudkan Metropolitan Lampung Raya.

Seminar ini digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bekerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) Lampung dan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Lampung. Seminar dibuka Sekretaris Daerah Provinsi (sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

"Saya berharap seminar ini paling tidak dapat dimaknai bahwa untuk membangun Provinsi Lampung yang Berjaya adalah upaya bersama," ujar Fahrizal. 

Fahrizal menjelaskan, melalui Perda Nomor 12 Tahun 2019 tentang Revisi RTRW, Provinsi Lampung berupaya mengendalikan pertumbuhan ruang yang dinamis guna mewujudkan Kawasan Strategis Provinsi Lampung.

"Pemerintah juga berperan untuk melaksanakan fungsi koordinasi dalam koridor Kerja Sama Antar-Daerah (KAD)," ujarnya

Fahrizal juga menyampaikan bahwa untuk mewujudkan dan melaksanakan fungsi koordinasi dalam koridor KAD, diperlukan kerjasama guna memfasilitasi dua atau lebih daerah yang berbatasan untuk menyelenggarakan urusan yang memiliki eksternalitas lintas daerah dan untuk menyediakan layanan publik yang lebih efisien apabila dikelola bersama.  

"Kerja sama antar daerah sangat dibutuhkan untuk mengatasi problematika khas perkotaan, menghapus kesenjangan antar wilayah, dan mencapai kemajuan pembangunan dalam mewujudkan rakyat," jelasnya.

Fahrizal mengucapkan terimakasih kepada IKA Undip Lampung dan IAP Lampung yang telah memprakarsai penyelenggaraan seminar.

"Saya juga memberi apresiasi yang tinggi atas partisipasi para narasumber diantaranya Andy Simarmata selaku Ketua IAP, Deny Juanda Puradimaja Akademisi ITB, Ir. Indrayana seelaku Direktur Trans Jakarta, dan Bapak Abdul Malik Sadat Idris sebagai Direktur Regional 1 Bappenas," ujar Fahrizal.

Fahrizal berharap seminar dapat menangkap peluang dan potensi pengembangan kawasan Metropolitan Lampung Raya dan membuahkan hasil dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) demi kemajuan Provinsi Lampung. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Nasional Mulyadi Irsan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui upaya untuk mewujudkan Metropolitan Lampung Raya. Kemudian menganalisis peluang dan tantangan untuk mewujudkan Metropolitan Lampung Raya, dan menelaah legalitas dalam pengembangan kawasan Metropolitan Lampung Raya. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar