Kang Dawam Berikan Bantuan Mesin Pertanian di Raman Utara

Bupati Lampung Timur, M Dawam Rahardj (pakai kopiah)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Timur, M Dawam Rahardjo Meresmikan Lumbung Masyarakat Desa dan Penyerahan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian LPMDes Raman Aji Kecamatan Raman Utara yang dilaksanakan di Gapoktan Jaya Makmur di Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung, Sabtu (24/12/2022). 

Dikesempatan tersebut Kang Dawam sapaan akrab Bupati itu menghimbau kepada 212 kelompok tani yang tersebar di 4 kecamatan sebagai penerima bantuan agar dapat mempergunakan alat yang diberikan dengan baik untuk kepentingan bersama. 

“Saya menghimbau kepada pada kelompok penerima bantuan, agar mempergunakan dan memanfaatkan alat yang akan diberikan tersebut dengan baik, serta memelihara dan memberikan laporan perkembangannya, kepada dinas terkait secara berkala. saya harapkan agar dalam pemanfaatan bantuan ini, harus dipergunakan secara kelompok, bukan untuk kepentingan pribadi ketua, atau hanya pengurus tertentu saja,” paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kang Dawam tak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh kelompok penerima bantuan.

“Saya ucapkan selamat kepada semua kelompok penerima bantuan, baik penerima Pembangunan LPMDes, maupun alat dan mesin pertanian. Semoga dapat bermanfaat serta memberikan dampak yang signifikan, untuk kesejahteraan Bapak dan Ibu sekalian,” tandasnya

Untuk diketahui bersama, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur melalui Dana APBD Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Timur, pada tahun 2022 ini, telah menganggarkan alat dan mesin pertanian Yang terdiri dari Hand Traktor sebanyak 110 unit, Hand Traktor Rotary sebanyak 3 unit, Traktor Roda 4 sebanyak 12 unit, Pompa Air 3 Inch sebanyak 8 unit, Combine Harvester sebanyak 10 unit, Mesin perontok padi/Power Thresher sebanyak 5 unit, Hand Sprayer elektrik sebanyak 317 unit, Stik kompor tikus sebanyak 30 unit, Cultivator sebanyak 4 unit, Alat Pencacah Pupuk Organik/APPO sebanyak 13 unit, Kendaraan Roda Tiga sebanyak 2 unit, Alat pemipil jagung/Corn Sheller sebanyak 1 unit, Alat Tanam Jagung sebanyak 28 unit, Pupuk NPK sebanyak 16.832 kg. Selain itu juga dilakukan pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti LPMDes.

Pada tahun 2022 ini melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Lampung Timur telah membangun 4 (empat) unit LPMDes (Lumbung Pangan Masyarakat Desa), yaitu di Desa Tanjung Sari Kecamatan Jabung, serta di Desa Sidorahayu Kecamatan Waway Karya Desa Restu Rahayu dan Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara.

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD, Made Subrata, Asisten Bidang Perekonomi & Pembangunan, M Yusuf HR, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura Dan Perkebunan, M. Indra Budiman Duki, Koordinator Penyuluh Se- Kabupaten  Lampung Timur, Camat, Sunaryo  beserta Forkopimcam Raman Utara. (Ptkl)

0 Komentar

Silahkan Komentar