Bupati Kukuhkan Forsos Lampung Barat di Dievha Cafe

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (berkopiah)

BlogGua, Lampung - Forum Relawan Sosial (Forsos) kabupaten dan kecamatan di Lampung Barat dikukuhkan oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus yang berlangsung di Dievha Cafe Pekon Sukapura Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Minggu (20/11/2022).

Pengukuhan Forsos yang diketuai oleh Feri Yanto itu bertema "memupuk solidaritas bersatu dalam keberagaman" dan dihadiri Kepala Dinas Sosial Lampung Barat Jaimin, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Burlianto, Camat Sumber Jaya serta para pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan pimpinan perusahaan penyalur bantuan.

Sutris, selaku TKSK yang tergabung dalam Forsos Lampung Barat, dirinya menyatakan dibentukanya Forsos ditujukan sebagai tempat silaturrahmi dan tukar informasi antar TKSK.

Sementara tugas Forsos sendiri tidak hanya terkait program BPNT saja, tetapi hadirnya Forsos juga menangani berbagai permasalahan dan persoalan mengenai sosial yang bersinergi dengan aparat kabupaten, kecamatan, hingga Pekon.

"Walaupun pendamping kita tak terdengar dan tak terlihat, tapi kami punya manfaat yang dapat dirasakan langsung di lingkungan masing-masing," ujar Sutris.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus yang juga dipercaya sebagai pembina Forsos, dirinya mengucapkan terima kasih atas terbentuknya Forsos di Kabupaten Lampung Barat.

"Saya berterima kasih atas inisiatif dan inisiatif dari TKSK yang telah membentuk Forsos ini," kata Parosil.

Parosil menyatakan dengan dikukuhkannya Forsos dari tingkat kabupaten maupun kecamatan dapat membantu program pemerintah, baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan hingga pekon.

"Dalam Forsos ini dapat menambah kekuatan dari TKSK untuk menjembatani berbagai macam permasalahan dan persoalan," 

Parosil pun meminta Forsos dapat membangun sinergi dengan berbagai kelembagaan, mulai dari aparatur penegak hukum hingga karang taruna yang fungsinya untuk memberikan perhatian bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan maupun uluran tangan.

"Tujuan kita sama, yaitu memberikan kemudahan bagi masyarat khususnya di Kabupaten Lampung Barat yang tergolong tidak mampu," pungkasnya. (kmf)