Wabup Lampung Barat Ikut Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

Suasana rakor

BlogGua, Lampung - Wakil Bupati (wabup) Lampung Barat, Mad Hasnurin mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah bersama para pejabat Kementrian RI secara virtual meetting dari Lampung, Barat, Lampung, Senin (31/10/2022).

Dalam Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri bersama dengan sejumlah Kementerian Lembaga seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pangan Nasional (BPN) itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, Rakor ini bertujuan untuk membahas langkah kongkret pengendalian inflasi di daerah sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI.

Beberapa arahan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka mengendalikan inflasi, salah satunya adalah berkolaborasi. 

"Kolaborasi ini dilakukan dengan membuat sistem penggunaan energi yang tepat sasaran serta mencukupi ketersediaan bahan pangan di daerah,"arahnya.

Lebih lanjut Tito memaparkan, solusi dalam penanganan inflasi dibutuhkan dukungan dan langkah-langkah strategis dari seluruh instansi pusat hingga daerah.

"Pemerintah daerah diminta untuk mengoptimalkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk memonitor harga bahan pokok di pasar-pasar tiap hari," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menerangkan sejalan dengan inflasi bahan pangan yang cenderung memberikan andil inflasi/deflasi, serta sesuai dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, maka ditetapkan 20 komoditas pangan terpilih yang akan dijadikan patokan kinerja pengendalian inflasi TPIP dan TPID.

"Untuk pangan kita perlu berkonsentrasi pada 20 komunitas pangan yang trennya naik seperti beras, bawang dibeberapa daerah dan ini bisa menjadi catatan kita sebagai data mingguan dalam pencegahan inflasi," jelasnya.

Dirinya juga menerangkan peran BPS dalam monitoring perkembangan harga mingguan dengan pengumpulan perkembangan harga pada pasar di sejumlah daerah seluruh Indonesia.

"Selain itu, Inflasi bahan makanan perlu menjadi perhatian. Komoditas cabai merah dan bawang merah, kedelai, tahu dan tempe perlu dipantau perkembangan harganya agar dibulan-bulan berikutnya tidak memberikan dorongan inflasi," ungkapnya 

Kemudian, Wakil Bupati (Wabup) Lampung Barat, Mad Hasnurin mengungkapkan bahwa dirinya mendukung kegiatan Rakor Pengendalian Inflansi Daerah bersama Mendagri. 

Menurut Hasnurin, Kegiatan Rakor tersebut ditujukan sebagai upaya Kepala Daerah Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dalam pemulihan ekonomi dan menjaga stabilitas harga.

"Kegiatan ini ditujukan sebagai upaya Kepala daerah dalam mendorong sektor ekonomi yang tumbuh makin produktif," jelasnya.

"Selain itu, meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian sehingga memiliki kontribusi yang semakin besar dalam menggerakkan mesin pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.

Diketahui, Rakor Pengendalian Inflansi tersebut akan diadakan setiap hari senin pukul 08.00 WIB dari tanggal 24 Oktober 2022 s/d tgl 26 Desember 2022 dan Rakor tersebut membahas mengenai evaluasi dan pencegahan perkembangan inflasi di daerah, yang diikuti Gubernur, Bupati/Walikota beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah secara langsung maupun virtual/Zoom Meeting. 

Sementara Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan tersebut melalui Virtual/Zoom Meeting, dari Lampung Barat, Lampung, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin dan didampingi oleh Asissten, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar