TP-PKK Provinsi Lampung Kunjungan Kerja ke Mesuji

Suasana kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Dalam rangka Kunjungan Kerja ke Desa Model Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting, Ketua TP PKK Provinsi Lampung diwakili oleh Ketua bidang III PKK Provinsi Lampung, Erna Suud Hanan beserta Pengurus TP PKK Provinsi Lampung dan Kabupaten Mesuji, memberikan penyuluhan terkait penanganan dan pencegahan stunting pada KWT Hore Jaya. 

Mengawali Kunjungannya TP-PKK berserta rombongan menuju ke Desa Mekar Jaya Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung,  Selasa (11/10/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Mesuji, Drs. Sulpakar, MM menyambut dan mendampingi  Ketua bidang III TP PKK Provinsi Lampung beserta Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji, Pori Karlia Sulpakar yang menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Bantuan Paket Kebun berupa 1 paket buah-buahan dan 1 paket sayuran, Paket Kolam sebanyak 20 paket budikdamber, dan Paket Ternak 200 bibit ayam DOC KUB.

Selanjutnya Ketua bidang III TP PKK Provinsi Lampung beserta Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji melakukan pembinaan PAUD integral holistik serta seminar parenting dengan tema peran orangtua dalam mendidik anak di era digital. 

Ketua bidang III TP PKK Provinsi Lampung bersama Bunda Paud Kabupaten Mesuji juga menyempatkan bermain tangga kotak warna, pasir ginetik, adu mekanik, gelas warna dan angka bersama anak-anak Paud. Selain itu, Ketua III menyerahkan bingkisan dan dana sebesar Rp 100 ribu kepada anak-anak Paud untuk membiasakan anak menabung sejak dini.

Beberapa kegiatan lain yang dilakukan pada kunjungan kerja tersebut diantaranya pembinaan Generasi Berencana (Genre), penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, dapur sehat atasi stunting (Dahsat), dan aksi donor darah.

Di Balai Desa Mekar Jaya yang telah dideklarasikan sebagai desa ramah perempuan dan anak tersebut, Ketua bidang III TP PKK Provinsi Lampung bersama Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji melakukan pembinaan bagi pendamping keluarga dan kader Posyandu, updating data keluarga berbasis desa khususnya yang berpotensi stunting melalui program smart village, dan pembinaan kelembagaan TP PKK Desa Mekar Jaya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung melalui TP PKK Provinsi Lampung, OPD dan organisasi terkait lainnya menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis, diantaranya:

  1. Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung berupa 5 unit kursi roda, alat bantu jalan dan 7 unit alat bantu dengar;
  2. LKKS Provinsi Lampung mesin jahit portable dan oven;
  3. Dinas Perikanan Provinsi Lampung berupa bantuan PMTAS berbahan dasar ikan untuk anak SD sebanyak 180 paket kepada siswa SDN 15 Tanjung Raya, bantuan paket budidaya ikan dalam ember untuk dasa wisma PKK sebanyak 20 unit;
  4. Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Provinsi Lampung berupa 200 bibit ayam DOC KUB, 3000 butir telur mentah untuk anak penderita stunting serta 400 butir telur matang untuk balita di posyandu;
  5. BKKBN Provinsi Lampung berupa 1 set kompor;
  6. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung berupa pemberian paket makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita serta 20 apron untuk ibu menyusui, masker dan faceshield sebanyak 100 paket;
  7. Pokja Bunda Paud Provinsi Lampung berupa bantuan alat peraga edukatif;
  8. Dinas PPPA Provinsi Lampung berupa 20 rompi dan 20 paket kelengkapan sekolah serta alat tulis.

Melalui kunjungan ini, Ketua bidang III TP PKK Provinsi Lampung berharap adanya penurunan angka stunting di Kabupaten Mesuji serta berharap masyarakat dan anak-anak dalam keadaan sehat. Kunjungan ini, kata Erna Hanan, juga untuk melakukan pembinaan dan menyalurkan bantuan kepada Kader PKK, anak remaja, Paud, Posyandu serta lainnya agar seluruh desa di Kabupaten Mesuji, khususnya desa Mekar Jaya bisa maju sehat dan sejahtera.

Terkait isu pernikahan dini, Sekretaris PKK Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri menjelaskan, bahwa seluruh pihak harus ikut berperan seperti keluarga, sekolah, pemerintah dan lainnya. 

"Yang paling penting adalah ada sarana bagi anak-anak tersebut untuk menyalurkan bakat dan hobinya. Kalau pada nggak sekolah dan gak tau kegiatannya apa, kan ujungnya nikah dia. Jadi semuanya harus ikut berperan, dari tokoh agama, pemerintah, orangtua, dan masyarakat," kata Sekretaris TP PKK Provinsi Lampung.

Hadir dalam kegiatan Jajaran Forkopimda Kabupaten Mesuji, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Mesuji, Kepala Desa Mekar Jaya beserta seluruh peratin, Ketua TP PKK Desa Mekar Jaya beserta jajaran pengurus, para siswa SMAN 1 Tanjung Raya. (kmf)