Pakcik Parosil Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Taman Kota Liwa

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (pakai SAL)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus menghadiri peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022  sekaligus bertindak selaku Inspektur upacara, yang dilaksanakan di Taman Kota Liwa Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Sabtu (22/10/2022) kemarin.

Dalam amanatnya, Parosil menyampaikan rasa syukur sekaligus sangat bangga karena Kabupaten Lampung Barat rutin menggelar kegiatan peringatan hari santri setiap tahunnya, yang jatuh pada 22 Oktober. 

Ia menegaskan peringatan hari santri menjadi momentum untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan terdahulu yang telah tiada, khususnya dibidang agama Islam. 

Pakcik sapaan akrabnya bagi Bupati Lampung Barat berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat, peringatan hari santri harus digelorakan dan diperjuangkan serta di gerakkan. 

Parosil berharap hari santri bukan hanya menjadi milik santri yang berasal dari Pondok Pesantren saja. Namun menjadi milik seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lampung Barat yang memiiliki kecintaan kepada Negara Republik Indonesia (RI). 

"Karena peringatan hari santri telah tertuang dalam  keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2015 sebagai hari santri Nasional," kata parosil. 

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat telah menggulirkan salah satu programnya yang ketujuh yakni 'Peningkatan Iman Dan Taqwa' hal tersebut salah satu upaya Pemkab Lambar untuk mendukung gerakan Kementrian Agama. 

"Pada program tersebut Pemerintah Kabupaten Lampung Barat memberikan  pembagian insentif guru ngaji, marbot dan umroh gratis," sebut Pakcik Parosil. 

Terakhir, dirinya menekankan kepada seluruh santri baik dari aliran NU, Muhammadiyah supaya tetap menjaga kekompakan dan kerjasama untuk menciptakan kerukunan umat beragama. 

"Jaga hubungan yang baik, mari kita bergandengan tangan untuk mencapai tujuan yang sama, yakni menciptakan suatu kerukunan di Lampung Barat," tuupnya. 

Diketahui, usai menjadi inspektur upacara Bupati Lampung Barat menyerahkan beasiswa kepada 50 santriawan-santriwati berprestasi yang berasal dari perwakilan kecamatan yang ada di Lampung Barat dan santunan anak yatim piatu.

Acara yang bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan itu, turut di hadiri Wakil Bupati Lampung Barat, H. Mad Hasnurin, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus, Kepala Kementerian Agama Mariyan Hasan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan Kodim 0422 LB, Perwakilan Polres, Camat, Lurah dan para santri yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar