Wakil Walikota Metro Sambut Kunjungan Workshop Kampung Keluarga Berkualitas

Suasana Acara

BlogGua, Lampung - Wakil Walikota melakukan Penerimaan dan Pendampingan Kunjungan Kegiatan Workshop Kampung Keluarga Berkualitas Bersama Stake holder Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Pemerintah Kota, Metro, Lampung, Rabu (31/08/2022). 

Plt. Kepala BKKBN Provinsi Lampung, Ni Gusti Putu Meiridha mengatakan dalam empat hari terhitung sejak tanggal 29 Agustus 2022 sampai pada 1 September 2022 kami melaksanakan rangkaian Workshop Tim Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas. 

"Dimana salah satu rangkaian kegiatan ini adalah kunjungan lapangan di Kampung  Keluarga Berkualitas yang ada Kelurahan Yosodadi, Hal ini dikarenakan Kampung Keluarga Berkualitas di Yosodadi menjadi yang terbaik atau juara I Tingkat Provinsi tahun 2022," ujarnya. 

Putu Meiridha juga menjelaskan bahwa Kunjungan ini diikuti oleh 75 peserta yang terdiri tadi unsur Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PNB dan OPD KB Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang difasilitatori dari pusat. 

"Tujuan diadakan kunjungan ini adalah agar peserta dapat melihat langsung pelaksanaan program dan kegiatan di kampung keluarga berkualitas serta dapat mendengar langsung terkait pelaksanaan konvergensi program dan kegiatan pada kampung keluarga berkualitas, "terangnya.

Selain itu, agar peserta mendapatkan gambaran nyata terkait pengelolaan kampung keluarga berkualitas, khususnya intergrasi program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh sesama lintas sektor agar peserta mengetahui strategi yang harus dilakukan dalam pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas. 

Sementara itu, Wakil Walikota Qomaru Zaman memaparkan bahwa Kelurahan Yosodadi sebagai Kampung KB ditetapkan dengan SK Walikota Metro Nomor 427/KPTS/D8/2017 yang perjalanannya telah banyak melaksanakan berbagai program lintas sektor  oleh berbagai organisasi perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing baik dalam bentuk pendampingan, pembinaan, penyediaan sarana prasarana dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat.

"Berbagai program dan kegiatan yang sudah terlaksana tersebut kemudian disinergikan untuk juga mendukung berbagai program prioritas pemerintah yang salah satunya adalah percepatan penurunan stunting, "tuturnya.

Qomaru juga menuturkan bahwa Kota Metro telah ditetapkan sebagai salah satu Lokasi Fokus Prioritas Intervensi Penurunan Stunting terintegrasi bersama dengan 4 (empat) kabupaten lainnya di Provinsi Lampung yaitu Lampung Barat, Pesisir Barat, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.  

"Penetapan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Metro dengan menetapkan 11 (sebelas) kelurahan prioritas stunting di tahun 2022 dan 12 (dua belas) kelurahan prioritas stunting di tahun 2023, dimana kelurahan Yosodadi menjadi salah satu kelurahan lokus stunting tahun 2023," jelasnya. 

Harapannya, dengan terselenggaranya Kampung KB akan semakin memperkuat upaya percepatan penurunan stunting di Kota Metro.

"Alhamdulillah, dalam perkembangannya Kampung KB Yosodadi ditetapkan sebagai Terbaik I Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 berdasarkan surat Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Nomor 2270/PD.101/J.2/2022 tanggal 21 Juni 2022," Katanya. 

Tentunya, hal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Yosodadi yang berperan aktif dalam penyelenggaraan Kampung KB dan kolaborasi dari berbagai perangkat daerah dengan berbagai unsur masyarakat serta perguruan tinggi. 

"Harapan kami Bapak/Ibu peserta Workshop Pengelolaan Kampung KB Tingkat Provinsi Lampung tidak saja dapat melihat secara langsung bagaimana penyelenggaraan Kampung KB Yosodadi tetapi juga saling bertukar pengalaman tentang bagaimana penyelenggaraan Kampung KB di wilayahnya masing-masing, " tutupnya. (Irfan)