Kemenparekraf Gelar BISA Fest di Metro

Suasana acara

BlogGua, Lampung - Direktorat Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar BISA Fest, kreasi seni tradisi Bumi Sai Wawai, di Payungi, Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat Kota Metro Provinsi Lampung, Rabu (28/09/2022).

Dikatakan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf, Rosalin Febrina, penyelenggaraan event-event ini sebagai sarana promosi yang efektif untuk mempromosikan sebuah destinasi dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

Event yang mengangkat tema Pesona Budaya Lampung itu diharapkan bisa berkelanjutan kedepannya.

“Kota Metro walau tidak memliki destinasi alam, namun memiliki sumber daya manusia yang baik dan menjadi keunggulan dalam mendorong pengembangan destinasi pariwisata akan berkembang semakin cepat,” kata dia.

Sementara, Ketua TP-PKK Kota Metro Silfia Naharani mengatakan peran pemuda-pemudi dapam mengelola ekonomi kreatif sangat diperlukan.

Oleh karena itu, lanjut dia, peningkatan SDM tentang ekonomi kreatif harus terus dilakukan agar perputaran perekonomian di Kota Metro lebih baik.

“Dari pencapaian ini, bukan saja keberhasilan dari pemerintah, melainkan turut masyarakat kota Metro yang berperan. Kita juga tidak ingin kota metro bisa bersaing tidak hanya di dalam provinsi, melainkan bisa ke nasional,” ujar Silfia.

Dalam kesempatan ini, Silfia juga menyinggung terkait visi Kota Metro sebagai kota pendidikan yang dimana visi ini merupakan Visi jangka panjang Kota metro. Hal ini semua dapat terwujud dengan budaya membaca sehingga menuju Kota literasi, yang mendukung terwujudnya Kota berpendidikan.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Metro yang di wakili Kepala Bidang Pariwisata, menjelaskan bahwa Kota Metro ini merupakan kota Multikultural.

“Bicara pariwisata kita perlu berbagai pihak untuk mewujudkannya. Kota Metro yang tidak memiliki wisata alam, namun berpatisipasi dengan menonjolkan wisata dari Sumber Daya Manusia (SDM). Kami berharap kreasi seni ini terus berkembang paska pandemi. Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” ucapnya.

Acara ini turut menampilkan musik dari sanggar aksara lampung. Dan penyerahan cinderamata kepada Anggota Komisi X DPR RI Dapil 1 Lampung M.Khadafi yang di Wakili Munir, Kadisporapar dan Darma Setiawan. Serta penyerahan penghargaan kepada 4 (empat) pelaku seni. (Irfan)