Bupati Lampung Tengah Gelontorkan Miliaran Dana Rekonstruksi Fasilitas Umum Akibat Bencana

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad (kanan)

BlogGua Lampung - Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad mengelontorkan miliaran rupiah dana bantuan untuk pembangunan Infrastruktur, rehabilitasi dan rekonstruksi Fasilitas Umum akibat bencana alam di ruang BJW Nuwo Balak, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Rabu 21 September 2022.

Dana tersebut untuk dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi 11 Jembatan, 4 Gorong - gorong, Rehabilitasi 1 Gorong - gorong dan pemasangan 1 bronjong penahan banjir pasca bencana di Kecamatan Trimurjo, Seputih Raman, Bumi Ratu Nuban, Bandar Surabaya, Seputih Agung dan Kalirejo.

Dalam arahannya, Musa Ahmad mengingatkan Aparatur Kampung untuk melaksanakan dengan baik pembangunan fasilitas umum tersebut dan mencontoh hal yang sudah dilakukan dengan baik pada kampung yang sudah terlebih dahulu mendapatkan bantuan.

"Pemkab Lampung Tengah sejauh ini, pada kurun waktu 1,5 tahun sudah merekonstruksi dan merehabilitasi 27 jembatan dari Dinas BPBD. Hal tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam pembangunan juga perbaikan Fasilitas Umum,"bebernya.

Untuk itu, Musa Ahmad berharap perbaikan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Dana perbaikan dan rekontruksi tersebut telah di transfer ke rekening masing - masing kampung untuk dipergunakan dengan baik,'tandasnya.

Dalam laporannya, Kepala Pelaksana BPBD Lampung Tengah, Makmuri merincikan, kampung yang mendapatkan bantuan adalah Kampung Sinar Sari, Kampung Sridadi, Kampung Sukosari, Kampung Balai Rejo, Kampung Bumi Rahayu, Kampung Sidodadi, Kampung Depok Rejo, Kampung Linam Benawi, Kampung Harapan Rejo dan Kampung Rejo Asri.

Dijelaskan Makmuri, adanya laporan kejadian akan bencana dari pihak Aparatur Kampung, yang kemudian kerusakan karena adanya bencana banjir dan langsung ditindak lanjuti oleh BPBD dan Pihak terkait.

"Langkah yang telah dilakukan BPBD, Dinas terkait dan Tim Tekhnis telah melakukan survei terlebih dahulu dan layak atau tidak direhabilitasi dan rekontruksi. Jumlah Total untuk rehabilitasi dan rekontruksi sebesar Rp. 3.309.190.000,"pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut tampak dihadiri juga oleh Kadis Kominfotik, Kepala Pelaksana BPBD, Camat dan Kepala Kampung. (kmf)