Kepala Desa Sungai Badak Bentuk-Seleksi Berkas Calon Perangkat Desa

Suasana Pembentukan dan Penyeleksian berkas Para Calon Perangkat Desa

BlogGua, Mesuji - Dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan, Desa Sungai Badak  mengadakan Pembentukan dan Penyeleksian berkas para calon Perangkat Desa Tahun 2022 di Balai Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji, Senin (03/01/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengisi formasi Jabatan Kasi Pemerintahan, Kasi Perencanaan/Kesejahteraan, Kasi Umum / Pelayanan dan RK.

Sekretaris Desa, Rocky, maksud dan tujuan kegiatan ini guna meningkatkan efisiensi pelayanan kepada masyarakat desa dan memberdayakan kinerja Pemerintah Desa dalam mengemban kewajiban sebagai penyelenggara dan penanggung jawab dibidang Pemerintahan Desa sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Terpisah, Kepala Desa Sungai badak, Anita Yana menjelaskan, ada beberapa instrumen untuk merekrutmen calon Perangkat Desa, dan memungkinkan ada beberapa Desa yang menerapkan tahapan dan persyaratan untuk menjadi perangkat Desa.

"Mengingat seperti yang dikutip dalam Peraturan Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa pada Pasal 2 ayat (3) dan beberapa persyaratan yang bersifat khusus dengan memperhatikan hak asal usul dan nilai sosial budaya masyarakat setempat,”imbuhnya.

Selain itu, Anita Yana memaparkan, untuk pembentukan dan penyaringan seleksi berkas calon perangkat Desa ada 4 kekosongan yaitu formasi Jabatan Kasi Pemerintahan, Kasi Perencanaan/Kesejahteraan, Kasi Umum/Pelayanan serta Rukun Tetangga.

“Adapun beberapa tahapan seleksi yaitu Psikotes, Test Teori oleh Tim Penguji dari BPD dan Sekretaris Desa dan yang terakhir wawancara. Untuk pengumuman calon perangkat Desa terpilih akan diajukan ke Kecamatan Mesuji,” ujarnya.

Diakhir Anita mengharapkan kepada calon Perangkat Desa terpilih bisa mendayagunakan potensinya untuk pembangunan Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Sungai Badak. (Yudha)