UAP Pringsewu Gelar Wisuda Ke-4 Tahap Pertama

Suasana Wisuda

BlogGua, Lampung - Sidang senat terbuka wisuda ke-4 tahap I tahun akademik 2021/2022 Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dibuka oleh Ketua Senat UAP Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN. di Aula Universitas Aisyah Pringsewu di Jalan A. Yani No. 1A Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, Sabtu (16/07/2022).

Sidang senat terbuka ini dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Wisuda oleh Wakil Rektor I UAP Nopi Anggista Putri, S.ST., M.Keb. Prosesi wisuda dihadiri Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang diwakili Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Drs.Samsir Kasim, M.Pd.I.,  Kabag TU Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumbagsel Fansyuri Dwi Putra, S.E., M.Si. mewakili Kepala LLDIKTI Prof. Dr.Iskhaq Iskandar, M.Sc., Pembina Yayasan Aisyah Lampung Isnaidi Guswantoro, S.Kep., Ketua Yayasan Sukarni, S.ST., M.Kes., Sekretaris Yayasan Fitriana, S.Si.T., M.Kes., Sekdis Kesehatan Kabupaten Pringsewu Imanda Amin Abri, S.KM., M.M., Rektor UAP Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN., Ketua DPD PERSAGI Provinsi Lampung Bertalina, SKM., M. Kes., Ketua IBI Provinsi Lampung Merry Destiati, S.KM., M.Kes., Ketua IBI Kabupaten Pringsewu Nuryatun, S.ST., M.Kes., Sekretaris DPC PERSAGI Pringsewu Fariqoh, A.Md.Gz., Wakil Rektor I, II, dan III beserta para dekan. 

Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Drs.Samsir Kasim, M.Pd.I.,  mengatakan pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian serius dari pemerintah disamping bidang pendidikan, dan lainnya.

"Berbagai upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan tentunya meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Pringsewu," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata bupati,  diantaranya berupaya menjalin sinergitas yang baik dengan berbagai pihak, agar kedepannya dapat diwujudkan suatu strategi guna meningkatkan tidak hanya kualitas namun juga kuantitas para tenaga kesehatan di tengah-tengah keterbatasan dan masih minimnya SDM kesehatan yang mumpuni, seperti perawat, bidan, dan lainnya.

"Saya berharap, kedepan Universitas Aisyah Pringsewu akan terus melaksanakan inovasi dan berbagai upaya peningkatan kualitas akademik dan tenaga pengajar. Sehingga menghasilkan lulusan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pringsewu dan Provinsi Lampung," harapnya.

Untuk itu, lanjut Penjabat Bupati Pringsewu melalui Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, mewakili Pemerintah Kabupaten Pringsewu ia mengucapkan terimakasih dan semoga sinergitas yang telah terjalin saat ini dapat terus dibina dan akan menjadi semakin baik lagi kedepannya.

"Saya yakin dan percaya, Universitas Aisyah Pringsewu dapat menjadi salah satu pilar penyokong pembangunan Kabupaten Pringsewu," ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN. menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para orang tua dan keluarga atas kesabaran dan kepenuhpengertiannya mendukung para wisudawan dan wisudawati selama menuntut ilmu di kampus UAP.

"Hari ini merupakan hari yang sangat istimewa bagi para wisudawan dan keluarga wisudawan, karena dapat mengikuti prosesi penting dari pencapaian suatu jenjang akademik di perguruan tinggi. Untuk itu, atas nama pimpinan dan keluarga besar Universitas Aisyah Pringsewu, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan tahun Akademik 2021/2022. Saudara telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di kampus ini. Pencapaian saudara adalah bukti kerja keras dan dedikasi yang tentu tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat dalam usaha keras tersebut, terutama para orangtua atau keluarga dan orang-orang tercinta," ujarnya.

Dirinya berharap dengan gelar akademis yang berhasil disandang dan dengan kompetensi yang diraih, lulusan Universitas Aisyah Pringsewu dapat terus berkarya, memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

"Dalam menghadapi persaingan yang sangat kompetitif seperti ini, maka kami Universitas Aisyah Pringswu terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah, melalui Kemendikbud Dikti dan arahan dari LLDIKTI Wilayah 2, yaitu tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan. Dengan memberikan bekal penguatan berkarakter dan program unggulan bagi mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, ketrampilan dan praktek di dunia kerja dan industri, maka mahasiswa akan mempunyai kemampuan yang lebih sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan pasar dan masyarakat," harapnya.

Diakhir sambutan, Rektor UAP menyampaikan kepada para  alumni atau lulusan D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan untuk bisa melanjutkan studinya ke program Pascasarjana S2 Kebidanan di Universitas Aisyah Pringsewu, yang merupakan program pascasarjana pertama yang ada di Pulau Sumatera.

Sementara itu, pembinaa Yayasan Aisyah Lampung Isnaidi Guswantoro, S. Kep. dalam sambutannya berharap para lulusan Universitas Aisyah Pringsewu menjadi orang yang luar biasa dan harapannya bisa membuka lapangan kerja.

"Kekuatan yang ada di Pringsewu adalah SDM, dengan hal tersebut kita bisa mengembangkan Sumber Daya Alam. Usaha-usaha yang kami lakukan adalah peningkatan SDM yang ada di Yayasan Aisyah Lampung," katanya.

Selain itu, ia juga mengharapkan para dosen UAP dapat melanjutkan pendidikan, khususnya ke jenjang Doktor (S3), dimana Yayasan Aisyah Lampung siap men-support untuk biayanya. "Dan, alhamdulillah saat ini sudah ada 13 dosen yang sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan doktor", katanya

Dalam pada itu, Kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI Wilayah II Sumbagsel Fansyuri Dwi Putra, S.E., M.Si. mewakili Kepala LLDIKTI Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc. menyampaikan selamat kepada para wisudawan Universitas Aisyah Pringsewu, dan diharapkan dapat menjaga nama baik almamater. 

"Terimakasih kepada Universitas Aisyah Pringsewu yang selama ini sudah membantu pengembangan IT di LLDIKTI wilayah II. Ada 3 dosen Universitas Aisyah Pringsewu yang membantu pengembangan IT di  LLDIKTI wilayah II," ungkapnya. 

Berdasarkan informasi Ketua Panitia Wisuda UAP Dwi Oktarosada, S.Pd.I., M.Pd., dari seluruh wisudawan yang dikukuhkan sejak hari pertama, 671 merupakan wisudawan dari Fakultas Kesehatan, yakni dari Prodi S1 Keperawatan 104 mahasiswa, Prodi Profesi Ners 49 mahasiswa, Prodi S1 Gizi 11 mahasiswa, Prodi D4 Kebidanan 502 mahasiswa dan Prodi D3 Kebidanan 5 mahasiswa. (*/ Isnanto Hapsara)