Polres Lampung Barat Lakukan Pembinaan-Sosialisasi Terhadap Ormas dan LSM di Pesibar

Suasana acara

BlogGua, Lampung - Untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan LSM. Kasat Binmas Polres Lampung Barat Iptu Suherman mewakili Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priantho mengisi materi kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Ormas dan LSM Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (21/07/2022). 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Sartika Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat  oleh  Kesbangpol Pesisir Barat yang dihadiri Wakil Bupati Pesisir Barat Zulqoini Syarif,  Danramil, Kejaksaan, Kepala Kesbangpol, Ormas dan LSM Pesisir Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Suherman mengatakan peranan Organisasi kemasyarakatan adalah sebagai Informasi, Mediasi, Advokasi, Pemberdayaan dan Manfaat organisasi sosial bagi masyarakat adalah Manfaat ekonomis, Manfaat mental spiritual, Manfaat sosial budaya.

"Ormas dan LSM diharapkan menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam pembangunan dan berharap ormas dan LSM dapat menjadi penggerak terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan daerah, dan sama-sama menjaga keamanan, tentram dan damai demi terwujudnya masyarakat sejahtera,"ucapnya.

Selain itu, Suherman juga mennyampaikan Organisasi yang tumbuh dan dibentuk oleh masyarakat pada kenyataannya mempunyai kontribusi bagi pembangunan desa/kelurahan di wilayahnya.

“Ormas juga memiliki peran yang penting untuk bersinergi bersama – sama dengan pemerintahan untuk membantu dan menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing agar tetap kondusif,” terangnya.

Kasat juga memberikan pemahaman tentang dampak radikalisme dalam hal ini disebabkan pemikiran para generasi muda yang masih mengembara karena rasa keingintahuannya, apalagi terkait suatu hal yang baru seperti sebuah pemahaman terhadap suatu masalah dan dampak pengaruh globalisasi.

“Ideologi bangsa Indonesia adalah pancasila yang berlandaskan pada lima sila, maka setiap tindakan kita sebagai warga negara dan bagian dari masyarakat Indonesia harus selaras dengan nilai-nilai pancasila,”tandasnya. (wari)