Ngupi Bebakhong, Pemda Lampung Barat Bahas Wabah PMK

Suasana Ngupi Bebakhong 

BlogGua, Lampung - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat melakukan pembahasan sehubungan dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berupa sapi, kerbau, kambing, domba dan babi dalam agenda 'Ngupi Bebakhong' di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat, Senin (18/7/2022).

Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Disnunnak) Lampung Barat, Yudha Setiawan mengutarakan, Cakupan vaksinasi terhadap penyakit mulut dan kuku hewan ternak di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sudah mencapai 791 dosis. 

Dijelaskan Yudha Setiawan, populasi hewan ternak berupa sapi yang tercatat dari 15 Kecamtan yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 7.505 ekor. 

"Rincian hewan ternak sapi keseluruhan di Lampung Barat yaitu Kecamatan Balik Bukit 987 ekor, Sukau 2.125, Lumbok Seminung 1.079, Belalau 18, Sekincau 877, Suoh 25, Batu Brak 119, Pagar Dewa 407, Batu ketulis 30, Bandar Negeri Suoh 46, Sumber Jaya 285, Way Tenong 196, Gedung Surian 293, Kebun Tebu 725, dan Air Hitam 293,"urainya.

Selain itu, Yudha Setiawan mengungkapkan, kegiatan vaksinasi PMK tersebut sudah dimulai sejak tanggal 27 Juli tahun 2022 lalu. Kabupaten Lambar mendapatkan jatah vaksin PMK sebanyak 800 dosis. 

"Untuk lambar sendiri baru dilakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi saja, Mudah-mudahan kedepannya dapat dilakukan terhadap hewan ternak kambing juga. Untuk saat ini Alhamdulillah sudah terealisasi sebanyak 791 dosis," "ungkapanya.

Lanjut Yudha, untuk sejauh ini terdapat 6 Kecamatan yang hewan ternak sapinya belum dilakukan vaksinasi yakni Kecamatan Lumbok Seminung, Belalau, Suoh, Batu Brak, Bandar Negeri Suoh dan Air Hitam. 

Namun diakhir Yudha menegskan pada waktu dekat ini pihaknya akan mendatangkan kembali sebanyak 300 dosis vaksinasi PMK guna untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi yang belum di vaksin.

Sebagai tambahan, Melalui keputusan menteri pertanian Republik Indonesia (RI) Nomor: 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022. Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan langkah pencegahan berupa Vaksin PMK.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Kepala Perangkat Daerah. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar