Bunda Dewi Hadiri Bimtek dan Pengukuhan Pengurus P3A Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj Dewi Hadajani

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj Dewi Hadajani menghadiri Pengukuhan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tanggamus dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi  Pelaksanaan Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) bersama Komisi IV DPR RI di Rumah Dinas Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Provinsi LAmpung, Senin (18/07/2022).

Dikesempatan tersebut, Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus menuturkan,  ucapan selamat kepada Pengurus P3A yang telah dikukuhkan dan berharap agar dapat mengemban amanah serta dapat menjadikan insan pertanian di Kabupaten Tanggamus menjadi lebih Profesional dan handal.

"Untuk pengembangan sistem dan pengelolaan air irigasi yang baik dan berkelanjutan diperlukan kelembagaan yang kuat, mandiri dan berdaya yang dapat meningkatkan produktivitas dan produksi petani,"imbuhnya.

Olehkarenya, Bunda Dewi mengajak untuk terus bekerja keras menjaga ke kompakan dan sinergitas agar semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik dan optimal. Sehingga ada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Begawi Jejama.

"Pengairan yang baik merupakan tulang punggung petani dalam pencapaian keberhasilan produksi hasil pertanian, serta mendorong terwujudnya pembangunan pertanian yang berkelanjutan,"ujar Bunda Dewi.

Akan tetapi, jelas Bunda, ada beberapa kendala yang di hadapi petani terutama dalam bidang pengairan. Karena, lanjut Bunda, pada saat musim tanam tiba terkadang air tidak mencukupi kebutuhan, maka kehadiran P3A dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan sistem pembagian air yang adil dan merata.

"P3A Kabupaten Tanggamus mampu menciptakan masyarakat petani yang mandiri, modern dan sejahtera. Para pengurus yang dikukuhkan ini harus mampu memperkuat kelembagaan P3A Kabupaten Tanggamus dan mampu mewujudkan pertanian yang hemat air dan ramah terhadap lingkungan sehingga mampu meningkatkan hasil produksi pangan di Kabupaten Tanggamus,"harap Bunda Dewi.

Disamping itu, Bunda Dewi menyambut baik dan memberi apresiasi kepada stakeholder terkait seperti Balai Pengelolaan DASHL Way Seputih Way Sekampung yang telah melakukan Inovasi dan langkah konkrit sebagai langkah antisipasi penanganan dampak yang akan timbul yaitu melalui program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang dilaksanakan dalam kawasan Hutan dan Lahan Milik Masyarakat.

"Melalui berbagai kegiatan turunannya seperti kegiatan Kebun Bibit Rakyat, Konservasi Tanah dan Air yang dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) dan kelompok masyarakat lainnya. Program dan kegiatan ini sangat membantu karena membangun keseimbangan antara alam dan masyarakat,"jelasnya.

Untuk itu, Bunda menyatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus sangat mendukung kebijakan Pemerintah Pusat untuk mensejahterakan masyarakat.

"Semoga sinergitas Kabupaten Tanggamus dengan Pemerintah Pusat terutama DPR RI dapat menghasilkan terobosan-terobosan dan program luar biasa demi mendukung Visi, Misi dan 55 Rencana Aksi kami yang semuanya merupakan program pro-rakyat yang berguna bagi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,"tandasnya.

Sementara, Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin mengatakan, selaku Komisi IV DPR-RI yang mewakili masyarakat untuk mendorong Kementerian yang membidangi kegiatan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, selanjutnya kegiatan dan program akan terus berkelanjutan.

"Diharapkan Sinergitas antara pemerintah dan pihak-pihak terkait harus terus berjalan, sampai program yang dibuat bisa memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat. Kemudian Kita akan membantu alat - alat pertanian dan bibit - bibit serta dana yang merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan untuk membantu petani yang ada di Kabupaten Tanggamus, serta menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga alam kita dan lestarikan,"pungkasnya.

Sebagai tambahan, kegiatan dilanjutkan dengan Penanaman Bibit Alpukat di Halaman Rumah Dinas Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus dan Penyerahan Bantuan Bibit Alpukat serta Pemberian Bantuan Uang Tunai dari Komisi IV DPR RI Kepada Para Kelompok Tani di Kabupaten Tanggamus.

Hadir Dalam Kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati Tanggamus Hi, AM. Syafii, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai  Rehabilitas Hutan (PDA SRH) Lingkungan Hidup Kehutanan Dyah Murtiningsih, Dirjen PSP Kementerian Pertanian Ali Jami, Direktur Irigasi Kementerian RI Rahmanto, Mewakili Ketua P3A Provinsi Lampung Sahlan Sukur, Forkopimda, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansah, Kepala Balai Pengelolaan Daerah  Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Wai Seputih Wai Sekampung Idi S. Hut, Para OPD, Peserta yang di kukuhkan, Para Petani Peserta Bimtek dan Organisasi Peduli Hutan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar