Parosil Lantik Peratin Terpilih di Batu Ketulis dan Sekincau

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus melakukan Pelantikan terhadap Peratin Terpilih di Kecatan Batu Ketulis dan Kecamatan Sekincau. Pelantikan Peratin Kecamatan Batu Ketulis dipusatkan di Pekon Luas, untuk kecamatan Sekincau dipusatkan di Pekon Tiga Jaya, Sekincau, Lampung Barat, Lampung, Minggu 22 Mei 2022. 

Dikesempatan tersebut, Parosil menyampaikan selamat sukses kepada Peratin yang baru saja dilantik, semoga pemimpin baru ini bisa menjalankan amanah dengan baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Parosil berharap kepada Peratin yang sudah dilantik agar dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat, walaupun itu berbeda dukungan pada saat pemilihan bulan lalu. 

"Maka tugas peratin adalah menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan ketenangan untuk masyarakat,"imbuhnya.

Dijelaskan Parosil, Para Peratin-peratin ini dilantik secara konstitusi dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka dari itu fokuskan pada tujuan saudara-saudara yaitu membangun dan memajukan Pekon dan yang tak kalah penting harus bekerjasama dengan Uspika Kecamatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara umum.

Parosil berharap, para Peratin dapat mempelajari peraturan-peraturan dengan baik sebagai Peratin. 

"Saya harap kepada Peratin dapat mempelajari peraturan yang berlaku, agar dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai Peratin dengan sebaik-baiknya,"tuturnya. 

Kepada Peratin terpilih, Harap Parosil lagi, dapat memunculkan motivasi, inovasi serta pemikiran yang aktual untuk mengisi pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu Parosil berharap kepada peratin dapat memberikan kinerja yang baik, dedikasi dan loyalitas untuk pelayanan publik yang berkualitas dan prima di Kabupaten Lampung Barat. 

Tak lupa, Parosil menyampaikan pesan kepada seluruh Peratin terpilih khususnya Peratin yang baru menjabat agar tetap berkoordinasi dengan Peratin sebelumnya sebagai tempat belajar. Koordinasi dengan Peratin sebelumnya, lanjut Parosil, ajak bersama-sama bergotong royong saling bertukar pikiran dalam memajukan pekon.

"Jadikan Peratin sebelumnya sebagai gurumu, sahabatmu, Keluargamu, karena dia bisa menjadi tempat belajar, masukan dan saran bagi saudara-saudara,"cetusnya.

Selanjutnya atas nama pribadi dan selaku Kepala Daerah, Parosil mengucapkan terimakasih Kepada Polri-TNI dan seluruh pihak atas kerjasama dan bantuannya selama pelaksanaan proses pelantikan Peratin periode 2022-2028 se-Kabupaten Lampung Barat.

"Terimakasih kepada semua pihak atas peran serta dan keterlibatannya sehingga pelantikan Peratin untuk periode 2022 sampai 2028 ini  dapat terlaksana dengan baik dan lancar,"tandasnya. 

Sementara, Tokoh Masyarakat Kecamatan Batu Ketulis, Mat Yasnurin mengucapkan terimakasih kepada Bupati Parosil yang sudah melantik para Peratin terpilih di kecamatan Batu Ketulis. 

"Saya harap para Peratin-peratin ini amanah dan bertanggung jawab. Kami yakin kepada Peratin terpilih akan bertanggung jawab sesuai dengan amanat dan sumpah/janji jabatan yang sudah dilakukan,"ujarnya mengakhiri.

Disamping itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sekincau, Heru Adi Susanto menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM) yang telah mencanangkan 7 (Tujuh) program unggulan semasa kepemimpinannya. 

"Terimakasih banyak PM, atas pembangunan yang dilakukan, kami sudah merasakan secara langsung hasil dari pembangunan pembangunan yang dilakukan. Terutama Pitu Program bapak Bupati pada point pertama yakni Insfrastruktur Mantap,"pungkasnya. 

Sebagai tambahan, Pelantikan pada hari Minggu tanggal 22 Mei 2022 merupakan hari terakhir pelaksanaan pelantikan Peratin di 15 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat yang seluruhnya dilantik langsung oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus. 

Pelaksanaan pelantikan Peratin itu didukung dengan berbagai macam pelayanan, tercatat 12 pelayanan dari instansi horizontal dan 4 (empat) pelayanan dari instansi vertikal.

Berbagai macam pelayanan dari 12 instansi horizontal itu diantaranya, yakni pelayanan Administrasi Kependudukan, seperti perekaman e-KTP, Penerbitan KK, e-KTP, KIA, akta kematian, kelahiran dan perkawinan.

Kemudian pelayanan perizinan, seperti pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), Izin UMKM, izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker).

Selanjutnya pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.

Sementara, empat pelayanan yang akan digelar instansi vertikal tersebut yakni dari Sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat), Kementerian Agama, Pengadilan Agama dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pelayanan tersebut untuk mendukung berjalannya proses pelantikan Peratin yang ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu juga merupakan salah satu implementasi dari Pitu program poin ke 6 (enam) yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik.

Peratin yang dilantik Parosil di Kecamatan Batu Ketulis berjumlah 4 (empat) orang, yaitu Mat Riyadi, S.Pd sebagai Peratin Pekon Luas, Suryanto dilantik sebagai Peratin Pekon Argomulyo, Murtoyo dilantik sebagai Peratin Pekon Batu Kebayan dan Nasution dilantik sebagai Peratin Pekon Campang Tiga.

Sementara Peratin di Kecamatan Sekincau berjumlah 2 (dua) orang, yaitu Heri Subagio sebagai Peratin Pekon Waspada dan Subandi, S.E., sebagai Peratin Pekon Tiga Jaya.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Parosil berupa 3 (tiga) unit Mesin Potong Rumput untuk Kelompoknya Tani di Kecamatan Batu Ketulis, Kelompok Tani itu yakni, Kelompok Tani Langkukai dari Pekon Bakhu, Kelompok Tani Mekar Tani dari Pekon Luas dan Kelompok Tani Tunas Karya dari Pekon Way Ngison. 

Sementara untuk di Kecamatan Sekincau penyerahan bantuan Mesin Potong Rumput sebanyak 2 (dua) unit yakni : Kelompok Tani Bina Karya dari Pekon Waspada dan Kelompok Tani Bina Usaha dari Pekon Tiga Jaya. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Edi Novial, S.Kom dan anggota, Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat, Camat Batu Ketulis dan Sekincau, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Uspika Kecamatan Batu Ketulis dan Sekincau, Peratin dan Peratin terpilih, Tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan masyarakat setempat. (kmf)