Festival Sekala Bekhak Masuk Dalam Daftar Kharisma Event Nusantara

Presiden Jokowi (atas)

BlogGua, Lampung - Tahun 2022 ini, Festival Sekala Bekhak (FSB) yang merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menjadi salah satu dari 110 event yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Parekraf Endang Guntoro mewakili Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Drs. Nukman, M.M setelah melakukan pemaparan materi tentang konsep penyelenggaraan event secara virtual (zoom meeting) di hadapan lima orang Kurator yang terdiri dari unsur seniman, budayawan, penyelenggara event, akademisi/media dan pemerintah (Kemenparekraf) pada Selasa (1/3/2022) kemarin sore.

Seperti yang telah dilakukan di tahun 2021, Endang Guntoro menjelaskan KEN 2022 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan event-event yang berkualitas, sehingga bentuk pendukungan yang diberikan pada penyelenggara event dapat lebih jelas dan terukur.

Terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022 ini, pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi; kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif; ketiga aspek event management; keempat aspek seni pertunjukan dan budaya; serta kelima aspek strategi komunikasi dan media.

Pada tahun 2022 ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan tahun 2021 sebanyak 302 usulan event. Kemudian usulan event ini dikurasi pada tahap I dan tahap II. 

Endang Guntoro menjelaskan, pada kurasi tahap pertama, dari 319 tersisa 171 festival. Pada saat kurasi tahap kedua Lampung Barat menyampaikan presentasi secara langsung terhadap lima orang kurator, masing-masing dari unsur seniman, budayawan, penyelenggara event, akademisi/media dan pemerintah (kemenparekraf) untuk menetapkan 110 event yang akan diselenggarakan dalam KEN sepanjang tahun 2022.

“Pada kurasi tahap kedua, saya secara langsung ditugaskan untuk menyampaikan presentasi dihadapan lima orang kurator, dengan menjelaskan tentang ide kreatif event, materi/content, pengembangan ekonomi kreatif, kearifan lokal dan CHSE," ungkap Endang.

“Alhamdulillah, Tahun ini festival Sekala Bekhak kembali ditetapkan sebagai bagian dari KEN, dimana prestasi tersebut juga kita dapatkan pada Tahun 2021, tetapi kalau Tahun lalu hanya Festival Sekala Bekhak, tetapi Tahun ini untuk Provinsi Lampung festival Krakatau juga merupakan bagian dari KEN,” sambungnya.

Dengan masuknya Festival Sekala Bekhak menjadi event yang diakui pemerintah pusat, Endang Guntoro berharap dunia pariwisata di Lampung Barat akan semakin maju, apalagi dua tahun terakhir terpuruk akibat hantaman pandemi Covid-19.

“Saat ini dunia pariwisata mulai bangkit, termasuk di Lampung Barat, dengan kembali masuk menjadi bagian KEN mudah-mudahan akan mempercepat pulihnya ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga Pariwisata Bangkit, Lampung Barat Hebat, Lampung Berjaya, Indonesia Maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Parekraf/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan program "Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021" sebagai upaya membangkitkan geliat event di daerah. 

Kharisma Event Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

Dalam acara peluncuran "Kharisma Event Nusantara 2022" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa Sore (1/3/2022) kemarin, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Kharisma Event Nusantara 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.  

"KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event," kata Sandiaga. 

"Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas," tambahnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa diluncurkannya KEN 2022, merupakan bukti nyata Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan industri parekraf di Indonesia sekaligus mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan event yang beragam. Mulai dari event seni budaya, karnaval, kuliner, maupun musik ada dalam agenda kegiatan KEN 2022. 

Selain itu, KEN 2022 menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional, dan akan menjadi salah satu lokomotif Indonesia agar ekonomi masyarakat kembali bergerak. KEN 2022 juga hadir untuk memberikan semangat agar pelaku ekonomi kreatif tetap optimistis dan senantiasa berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan semua pihak. 

“Kami berharap bahwa event-event yang masuk ke dalam KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh Indonesia bahwa event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dan aparat setempat," harap Sandiaga. 

Dukungan serupa juga diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam video sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan Kharisma Event Nusantara 2022 yang merangkum event-event 34 provinsi di Indonesia, mulai dari event budaya, olahraga, hingga ekonomi kreatif ini, harus mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia, dan menjadi motor penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. 

"Saya mengucapkan selamat atas diluncurkannya Kharisma Event Nusantara 2022. Semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam Indonesia," ujar Presiden Joko Widodo. (kmf)