Musrenbang Suoh, Warga Puas Pelayanan Pitu Program Parosil-Hasnurin

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Lampung Barat, Mad Hasnurin menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2022 di Pekon Ringin Sari Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, sabtu (26/02/2022).

Selaku kepala daerah, Parosil mengapresiasi masyarakat Kecamatan Suoh, lantaran masyarakat setempat begitu antusias mendukung Musrenbang tersebut dengan berbagai seni budaya.

"Apresiasi kepada masyarakat yang antusias dalam mendukung kegiatan Musrenbang tersebut dengan berbagai budaya, pameran produk UMKM hasil kreasi dan inovasi khas Kecamatan Suoh," tutur Parosil.

Selain itu, Parosil merasa bangga, pasalnya pitu program dan tiga komitmen yang dicanangkan dapat diketahui masyarakat, terlebih dapat dirasakan secara langsung manfaatnya.

"Ini luar biasa, Program-program pak bupati dapat dipaparkan semuanya dan bahkan sudah dijelaskan oleh pak Heru bahwa program tersebut dapat dirasakan secara langsung manfaatnya,"pungkasnya.

Sebagai informasi, seperti biasanya Musrenbang itu didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya Perpustakaan Keliling, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan gerai vaksinasi covid-19.

Kehadiran Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lampung Barat, Drs. Mad Hasnurin (PM) di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya Singa Depok, serta para pesilat dari empat perguruan di Kecamatan Suoh. Sesampainya di panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan penampilan Tari Sembah Batin dari SMP Bakti Mulya dan penampilan Jaran Kepang dari Turonggo Krido Pekon Ringin Sari. 

Pada acara tersebut Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana Kecamatan dan Dana Desa (DD), penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan. Penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Suoh dan penyerahan bibit benih ikan. 

Sementara, masyarakat Kecamatan Suoh Heru, Darminto mengatakan bahwa di Kecamatan Suoh sudah banyak perubahan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemajuan Kecamatan Suoh. 

Menurut Heru, kemajuan dan perubahan yang ada di Kecamatan Suoh itu berkat kerjasama bersama perangkat daerah Lampung Barat.

"Kemajuan ini berkat adanya kerjasama antara perangkat Pekon dan dukungan dari Bapak Bupati beserta perangkat daerah yang Alhamdulillah sudah banyak menghasilkan perubahan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemajuan di Kecamatan ini,"paparnya.

Selanjutnya Heru memaparkan sejumlah Pitu Program unggulan PM bahkan saat ini program-program itu sudah berjalan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Terimakasih kepada Pak Bupati dan Wakil Bupati yang telah mencanangkan Pitu Program unggulannya terutama pada point kelima yaitu mensejahterakan Petani. Karena di Kecamatan ini mayoritasnya adalah seorang petani, maka program mensejahterakan petani ini sangat bermanfaatnya,"jelasnya.

Program ini, lanjut Heru, memberikan bantuan berupa bibit tanaman dan bibit ikan yang dirasakan oleh masyarakat.

"Selain itu adapun penyerahan bantuan mesin rumput yang alhamdulilah bantuan itu sangat menunjang dan bermanfaat bagi masyarakat,"pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mas Hasnurin, Anggota DPRD Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Uspika Kecamatan Suoh, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Peratin dan calon peratin, Kepala Sekolah, para Dewan Guru, Tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (kmf)