Wakil Bupati Way Kanan Hadiri Pelepasan Dokter Intership

Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman (di Podium)

BlogGua, Way Kanan - Wakil Bupati (Wabup) Way Kanan, Ali Rahman mengahdiri kegiatan acara Pelepasan Dokter Intership dan Pendayagunaan Dokter Spesialis, Serta Penyerahan CSR dari Bank BNI Kepada RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Way Kanan di RSUD ZA Pagar Alam, Rabu (26/01/2022).

"Undang-undang Nomor 20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran mengamanatkan kepada kita bahwa program dokter internship merupakan program pemahiran dan pemandirian dokter setelah lulus uji kompetensi yang menjadi bagian dari penempatan wajib sementara selama 1 tahun,"tutur Ali Rahman diawal sambutan.

Lanjut Ali Rahman, dalam perkembangan teknologi kesehatan yang sangat cepat maka tidak dapat dihindari perubahan juga akan terjadi, maka dari itu internship berfungsi sebagai wadah dan proses pemahaman mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh dalam perkuliahan secara mandiri, terintegrasi dan komprehensif.

Masih kata Ali Rahman, kegiatan yang menggunakan pendekatan kedokteran dalam rangka pemutakhiran penyelarasan antara pendidikan dan praktek dilapangan ini sangat diperlukan, sehingga membantu para dokter dalam melihat upaya pelayanan kesehatan secara komprehensif yang tidak hanya berorientasi pada uang.

"Saya berharap selama menjalankan tugas di Kabupaten Way Kanan, Saudara-Saudari semua telah mendapatkan bekal ilmu dari para dokter senior dengan keadaan yang sesungguhnya dalam dunia kedokteran, karena program ini meliputi pengalaman melakukan upaya kesehatan perorangan serta usaha kesehatan masyarakat (UKM), pintanya.

Tak lupa, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Ali Rahman mengucapakan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada para dokter yang baru lulus untuk praktik kompetensi selama pendidikan dan merupakan tujuan program internship dokter Indonesia.

Disamping itu, Ali Rahman juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama BNI yang sudah melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab sosial lingkungan melalui CSR berupa 1 unit mobil ambulance, ini merupakan kontribusi pihak Bank BNI Baradatu kepada Pemerintah Daerah Way Kanan, melalui RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Way Kanan.

"Semoga dengan bantuan ini dapat meningkatkan akses kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat, harapannya semoga kerjasama dengan BNI terus ditingkatkan, dan BNI semakin jaya serta memberikan manfaat yang lebih baik untuk masyarakat,"pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Kepala Cabang Pembantu Bank BNI Baradatu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam Way Kanan, beserta Jajaran, dan seluruh hadirin. (Diskominfo Way Kanan)