Bupati Way Kanan Hadiri Acara Temu Teknis Penyuluh Pertanian

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya (di Podium)

BlogGua, Way Kanan - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya menghadiri sekaligus memberi sambutan dalam acara  Temu Teknis Penyuluh Pertanian di Hotel Grand Sinar, Bumi Ratu, Umpu Semenguk, Way Kanan, Rabu (19/01/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Adipati menjelaskan, berbagai program kementerian maupun provinsi yang diakomodir dan dituangkan dalam program kerja Dinas Tanaman pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way kanan antara lain: 

Pertama: pupuk bersubsidi, sebagaimana yang menjadi dasar alokasi pupuk bersubsidi ini adalah e-RDKK yang di input oleh penyuluh Pertanian lapangan, dan pada tahun 2022 ini Way Kanan mendapatkan Alokasi lebih baik, yakni 127% dibandikankan dengan pencapaian alokasi kita pada tahun 2021.

Kedua: Kartu Petani Berjaya, program ini merupakan program Gubernur Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi, pada saat ini capaian program Kartu Petani Berjaya di Kabupaten Way Kanan baru mencapai 6.816 petani dari 55.000 petani yang ada, dengan harapan pada tahun ini lebih dari setengah atau bila perlu seluruh petani kita terdaftar dalam Program Kartu Petani Berjaya.

Disamping itu, Adipati mengatakan, banyak program prioritas Kementerian yang dapat diadopsi oleh Kabupaten Way Kanan seperti Food Estate (kawasan Pangan) Smart Farming, P4S, Integrated Farming serta OPIP.

Untuk itu, Adipati berharap kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan dapat meningkatkan kerjasamanya dengan instansi vertikal dan perguruan tinggi serta lembaga-lembaga penelitian lainnya.

"Dengan cara ini, saya yakin dapat membantu kita dalam upaya membangun Kabupaten Way Kanan Khususnya di Bidang Pertanian, disamping itu, kita juga ingin tenaga lapangan kita menjadi lebih maju dan profesional,"imbuhnya.  

Point-point diatas, lanjut Adipati, merupakan tugas dan tanggung jawab semua yang hadir, untuk dapat meningkatkan kinerja dan peran serta dalam membangun Kabupaten Way Kanan untuk mewujudkan Way Kanan yang unggul dan sejahtera.

Tak lupa, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Way Kanan, Adipati mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPP, BPTP yang telah banyak membantu memberikan pelatihan bagi penyuluh, dan hari ini kembali melakukan penandatanganan MoU.

"Ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kerjasama dalam pengembangan Sumberdaya Manusia yang ada di Kabupaten Way Kanan,"jelasnya.

Diingatkan Adipati, pada tahun 2020 yang lalu juga sudah menandatangani kerjasama Balitbang pertanian dengan BPTP, demikian pula dengan perguruan tinggi.

"Kedepan, Pemerintah Kabupaten Way Kanan membuka diri untuk melakukan kerjasama demi kemakmuran dan kemajuan masyarakat Kabupaten Way Kanan,"pungkasnya.

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Provinsi Lampung, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat Itera Lampung, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Lampung, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Kepala Unit Pelayanan Teknis Pertanian, Koordinator Penyuluh Pertanian dan Petugas Lapangan. (Diskominfo Way Kanan)

0 Komentar

Silahkan Komentar