Wabup Tanggamus Buka Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i 

BlogGua, Bandar Lampung - Wakil Bupati (wabup) Tanggamus Hi. AM. Syafi'i mewakili Bupati Hj. Dewi Handajani membuka kegiatan Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Pemerintah Kabupaten Tanggamus di Ballroom Hotel Emersia, Bandar Lampung, Jum'at (10/12/2021). 

AM. Syafi'i mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kesungguhan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk meraih Predikat  Daerah Terinovatif dalam Innovative Government Awards (IGA) Tahun 2021. 

"Melalui inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik, arah kebijakan pemerintah abad 21 adalah To Change and Innovate. Oleh karena itu masing-masing perangkat daerah harus mampu menciptakan kegiatan berbasis kepada inovasi," tandasnya. 

Sementara Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, baik berupa gagasan, metode, atau alat.  

"Namun hal itu tidak akan berjalan efektif tanpa peran berbagai lapisan masyarakat terutama dalam menyalurkan ide-ide. Inovasi dilingkup daerah atau disebut inovasi daerah diharapkan dapat mengakomodir ide-ide yang belum tertuang dan mendayagunakan ide-ide yang sudah terdaftar dan atau sudah memiliki hak cipta dalam Indeks Inovasi Daerah," kata Agus. 

Agus juga menerangkan, sebagai bentuk motivasi dalam kegiatan Inovasi Daerah diagendakan pula Pemberian Penghargaan Inovative Government Award (IGA) diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Selain itu, Agus Fatoni mengapresiasi Kabupaten Tanggamus yang pada tahun 2021 mengalami peningkatan jumlah inovasi dibandingkan tahun 2020. Dimana terdapat 167 inovasi dari 32 urusan pemerintahan yang dilakukan. 

"Ayo, jangan lelah untuk menciptakan terobosan-terobosan, susun strategi membudayakan inovasi meskipun kita kekurangan pendanaan dan sumberdaya manusia," pungkasnya. 

Sebagai informasi, dalam kesempatan itu diserahkan juga penghargaan kepada Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus terinovatif, yang terdiri 4 Kategori yang diraih oleh 12 OPD dan 2 individu.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni, para Narasumber dari Kemendagri, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat Pemkab Tangggamus, serta diikuti secara virtual oleh Lurah dan Kepala Pekon se-Kabupaten Tanggamus.(Kominfo/mar)