Bupati Tubaba Hadiri Event Pencarian Bakat Pembalap Sepeda

Suasana Event Tubaba XC Race

BlogGua, Tubaba - Bupati Tulang Bawang Barat (Bupati Tubaba), Umar Ahmad menghadiri sekaligus membuka secara resmi event Tubaba XC Race dalam rangka pencarian bakat pembalap sepeda Provinsi Lampung di Komplek Uluan Nughik, Panaragan, Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat, Sabtu (18/12/2021).

Dikesempatan itu, Umar Ahmad mengapresiasi kegiatan ajang pencarian bakat yang dilaksanakan di  Komplek Uluan Nughik tersebut. Menurut umar, hal ini sejalan dengan tujuan dibangunnya komplek tersebut, yang dibangun untuk merepresentasikan ruang hidup antara manusia dengan alam dan manusia dengan makhluk hidup lainnya.

"Terima kasih, event ini dapat dilaksanakan di Tubaba dan ini ajang untuk menemukan bakat atlet sepeda lokal dan regional, khususnya hasil prestasi mereka diharapkan dapat mengharumkan dan memajukan Kabupaten Tubaba," kata dia.

Selain itu, Unar berpendapat, Uluan Nughik berada di lokasi tanah seluar 800 hektare, didalamnya pemkab akan membangun jalur sepeda sepanjang 300 kilometer yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beraktifitas, berolahraga, dan berwisata.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh yang berpartisipasi atas terselenggaranya acara ini. Kepada para atlet tunjukkan kelebihan masing-masing dalam kompetisi ini sehingga dapat menghasilkan banyak prestasi untuk dikemudian hari," tutupnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Tri Kasahri menjelaskan, Event kompetisi ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 18 sampai 19 Desember 2021 diikuti oleh peserta dari Provinsi Sumatera Selatan serta Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung.

"Ada 112 peserta yang ikut dalam ajang pencarian bakat atlet pembalap sepeda gunung," ulasnya.

Dijelaskannya, terdapat 3 jenis perlombaan dalam kegiatan itu. Yakni, Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Elimination (XCE), dan Cross Country Rilley (XCR).

"XCO jarak yang harus ditempuh sepanjang 400 meter dengan empat kali putaran, yang terdiri dari kelas Youth Men, Elite, Master, dan Junior serta Open. Untuk kelas XCE jarak yang harus ditempuh 800 M, terdiri dari kelas Open Men/Women dan Open Men/Women-Regional. Sementara XCR jarak yang harus di tempuh 2000 M. terdiri dari Master Open Men," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pada kegiatan opening ceremony, usai dibuka bupati secara resmi XC Race 2021, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Tubaba, Ahmad Hariyanto menyerahkan bendera lomba XC Race kepada ketua pelaksana kegiatan Tri Kasahri.

Lomba tersebut dimulai sekitar pukul 10.26 WIB, ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Bupati Tubaba yang diikuti oleh para peserta lomba kelas XCO Junior Men/Women regional.

Kegiatan dihadiri langsung Bupati Tubaba Ir Umar AhmadSP, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho ST, Komisioner PB ISSI Pusat, Hendra dan Reza, Tim Technical Jakarta, Marta dan Devin, Pengurus PB ISSI Provinsi Lampung Wayan Oka l, Ketua PB ISSI Tuba Ahmad Hariyanto beserta seluruh pengurus, panitia dan official para peserta lomba. (Diskominfo Tubaba)