Wali Kota Metro Hadiri Festival Catur Tingkat Pelajar

Peserta catur tingkat pelajar

BlogGua, Metro - Sekolah Catur Metro menggelar Festival Catur Tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa/i, dan Umum di Graha Pena Radar Metro, Sabtu (13/11/21).

Pada acara tersebut turut hadir Walikota Metro, Kepala Disporapar Metro, Kepala Disdikbud Metro, Ketua Percasi Kota Metro, Founder Sekolah Catur Metro, Ketua KONI Metro (diwakili), serta para tamu undangan lainnya. Festival Catur tersebut dibuka secara langsung oleh Walikota Metro. 

Saat diwawancarai oleh awak media, Wahdi Siradjuddin selaku Walikota Metro menyampaikan, kegiatan hari ini adalah Sekolah Catur Metro bekerjasama dengan Radar Metro menyelenggarakan kejuaraan Catur se-Kota Metro dari tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa/i, dan Umum. 

"Tentunya, kegiatan ini adalah suatu inisiatif yang sangat bagus sekali. Pemerintah Kota Metro dalam kegiatan ini sangat mengapresiasi sepenuhnya, setiap kegiatan untuk membangun masyarakat Kota Metro," ujar Wahdi

Wahdi juga menyampaikan, Catur adalah olahraga yang sangat bagus sekali. Yang mana olahraga Catur merupakan olahraga yang bisa mencerdaskan anak bangsa kita, karena Catur dapat menjaga emosi yang baik, mengatur strategi yang bagus, bersilaturohim yang baik. 

"Dalam setiap pertandingan pasti ada menang dan kalah, tentunya kita sudah mempersiapkan itu semua. Seandainya kalah, jadikanlah kekalahan itu adalah pelajaran yang sangat baik sekali," ujar Wahdi

Wahdi menegaskan, membangun Kota Metro ini adalah nilai harga mati dan Wahdi berpesan, ditengah pandemi COVID-19 ini, walaupun kita sudah berada dilevel 1 kita harus menjaga ketat prokes. 

Ditempat yang sama, Hermansyah selaku Founder Sekolah Catur Metro menyampaikan, kegiatan Festival Catur pada  hari ini diikuti oleh anak SD sekitar 45 peserta dari seluruh SD yang berada di Kota Metro, yang mana katagorinya terdiri dari kelas 1-3, dan kelas 4-6.

"Saya berharap, ada politikwil dari walikota, Kadis Pendidikan, sejak Catur dihapuskan dari O2SN, SD-SD tidak ada lagi ekskul Catur, karena mereka prakmatis tidak ada gengsi perlombaan yang akan dia perebutan. Oleh karena itu, disini saya berharap kepada walikota agar membuat event Piala Walikota Catur, sehingga SD-SD ini dapat berlatih, karena menurut saya ini sangat penting," ujar Herman.

Herman juga menyampaikan, kita bisa membayangkan lima tahun kedepan kita bisa habis, kalau tidak ada politikwil dari pemerintah untuk mengadakan event serupa, karena SD-SD sudah tidak ada lagi yang belajar Catur.

"Kalau kita cek di google, Catur itu melatih otak, merangsang kerja otak. Artinya dengan bermain Catur, anak ini jadi lebih berfikir. Dan itu bisa kita cek, anak yang terbiasa main Catur, di sekolahannya nilai akademiknya bagus. Karena dengan bermain Catur, anak sangat berfikir keras, dimana Catur ini adalah olahraga yang menggunakan otak," ujar Herman.

Tak hanya itu, Herman juga menyampaikan, berdirinya Sekolah Catur Metro ini, salah satunya adalah untuk meminalisir anak-anak yang sering bermain gadged.(Nia)