Parosil Bagikan Seragam Gratis Untuk Siswa Baru SD Sedrajat Se-Kecamatan Air Hitam

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat terus berupaya mendorong anak-anak didik agar mampu melanjutkan sekolah dan lebih berprestasi dengan cara membagikan seragam sekolah gratis kepada peserta didik baru.

"Tujuannya, diberikannya seragam gratis ini agar tidak ada alasan bagi anak-anak untuk tidak melanjutkan sekolah, dan meringankan beban biaya orang tua menyekolahkan anaknya," singkat Bupati Lampung Barat H. parosil Mabsus dalam kegiatan acara Penyerahan Seragam Sekolah Gratis kepada peserta didik baru tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di seluruh Kecamatan Air Hitam, dan launching program Bersama Bupati Menabung (BBM) di SMP Negeri 1 Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat, Senin (01/11/2021).

Dikesempatan yang sama, Direktur Utama BPRS Lampung Barat, Mahrom menjelaskan, melalui gerakan BBM yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Lampung Barat mempunyai dua produk unggulan, yaitu produk tabungan syariah dan produk simpanan pelajar (simpel) yang juga merupakan gerakan inkluisi dan literasi pencanangan hari menabung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Hadirnya program BBM ini bertujuan untuk menggerakan masyarakat khususnya Kabupaten Lampung Barat, melalui Pemerintah Daerah yang hadir dalam Badan Usaha Milik Daerahnya yaitu PT. BPRS Lampung Barat, untuk memberikan pelayanan perbankan yang mengedepankan prinsip-prinsip syariah diantaranya pelayanan Tabungan Syariah dan Simpanan Pelajar, agar gerakan menabung dapat dimulai sejak usia dini,"tuturnya.

Selain itu Mahrom menjelaskan, manfaat dari Program Tabungan Syariah dan Simpanan Pelajar ini adalah agar masyarakat dan siswa dapat merencanakan cita-cita masa depannya lebih baik dengan cara menabung. Menabung di Bank Milik Kabupaten sendiri dengan mengedepankan prinsip syariah yang tentu saja memberikan ketenangan dan keberkahan serta dapat memajukan perekonomian Kabupaten Lampung Barat.

"Tabungan ini nantinya dapat dialokasikan untuk rencana usaha, dan simpanan pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun sasaran yang menjadi target gerakan BBM tersebut adalah masyarakat umum (Produk Tabungan Syariah), dan pelajar baik tingkat SD, SMP, maupun SMA (Produk Simpanan Pelajar),"tandasnya.

Dari pantauan tim, seragam sekolah gratis tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus - Drs. Mad Hasnurin kepada peserta didik baru tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di seluruh Kecamatan Air Hitam.

Bersamaan dengan itu, Bupati Parosil sekaligus melaunching (grand opening) Bersama Bupati Menabung (BBM) yang ditandai dengan pemukulan gamolan pekhing. Launching BBM tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar melalui Dinas Pendidikan dengan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lambar.

Pada launching BBM tersebut dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Kepala Dinas Pendidikan Lambar, Bulki, S.Pd. MM., dengan Direktur Utama BPRS Lambar Mahrom.

Tak hanya itu, Bupati Parosil juga menyerahkan satu unit mobil Picup Suzuki Carry berwarna putih bantuan dari Kementerian Desa untuk pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Dinas Perhubungan Lampung Barat bidang transportasi perdesaan tahun anggaran 2021.

Seragam sekolah gratis yang disalurkan untuk  siswa-siswi yang ada di Kecamatan Air Hitam tersebut berjumlah 691 seragam, dengan rincian untuk SD sebanyak 170, MI 57, SMP 160, serta MTs 304, dan masing-masing siswa diberikan tiga stel seragam, yakni Merah Putih / Putih Biru, Pramuka dan Batik. 

Hadir dalam kegiatan acara tersebut, Bupati Lambar Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Wakil Kepala OJK Provinsi Lampung Aprianus John Risnad, Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus, Staf Ahli, Beberapa Kepala Perangkat Daerah Lambar, Camat Air Hitam, Camat Way Tenong, Peratin, Kepala Sekolah, Para dewan guru, dan orang tua wali murid penerima seragam gratis. (Diskominfo Lambar)