Parosil Sebut Index Minat Baca di Lampung Barat Masih Sangat Rendah

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (berkopiah)

BlogGua, Lampung Barat
- Dengan terpilihnya Pekon Pura Mekar mewakili Lampung Barat di tingkat Nasional, Pemerintah Daerah akan lebih serius, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Pekon akan lebih maksimal lagi untuk melengkapi sarana dan prasarana dan mengkampanyekan kepada masyarakat untuk sadar pentingnya membaca.

Demikian harapan Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus saat menghadiri Acara Penilaian Lomba Perpustakaan Pekon Tingkat Provinsi Lampung di Puska Mandiri (PM) Perpustakaan Pekon Pura Mekar, Gedung Surian, Lampung Barat, Jum'at (25/06/2021).

"Serta memunculkan inovasi-inovasi kreativitas, agar masyarakat tumbuh semangat membacanya, karena sekarang index minat baca di Lampung Barat masih sangat rendah,"imbuh Parosil.

Disamping itu juga Parosil mengharapkan agar masyarakat Lampung Barat tentu harus mendukung apa yang telah menjadi program dari Pemerintah terkait bagaimana membudayakan membaca.

"Kalau kita mau menguasai dunia, kita harus mesti membaca. Karena membaca ini tidak ada ruginya, ilmu itu semuanya akan bermanfaat, jadi budayakan membaca,"ujar Pak Cik sapaan akrab Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus.

Sementara, Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Pekon Tingkat Provinsi Lampung, Ratna Dewi melihat Kabuapten Lampung Barat ada harapan mewakili Provinsi Lampung dalam lomba perpustakaan di Tingkat Nasional.

"Hal ini karena adanya kerjasama Pemerintah Daerah dengan Kecamatan maupun Pekonnya,"kata Ratna. 

Akan tetapi pihaknya mau melihat dulu, karena sementara ini ada enam Kabuapten/Kota di Provinsi Lampung yang diseleksi, yakni Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Tanggamus, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Barat ini.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Gerakan Literasi Daerah (GLD) Partinia Parosil Mabsus berharap dengan adanya lomba ini, Perpustakaan yang ada di Lampung Barat mendapat perhatian dan menjadi juara nomor satu.

"Serta Kabupaten Lampung Barat ini dapat menjadi Kabupaten Literasi seperti apa yang kita harapkan,"imbuhnya.

Turut hadir dalam acara, Assisten Bidang Administrasi Umum, Kadis PMD, Kepala Balitbang, Kadis Kesehatan, Kadis pendidikan, Kadis Kominfo, Kadis koperindag, Kepala Dinas PP KB dan PPPA, Kasat Pol PP, Kabag Kesra, Camat Gedung Surian dan Peratin.

(Diskominfo)