Konsistensi Budi Utomo Jalani Roda Pemerintahan Daerah Lampung Utara

Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo (diatas podium)

BlogGua, Lampung Utara
  -  Diawali dengan melantik Pejabat Eselon 2,3 dan 4 di lingkup Pemerintahan Daerah Lampung Utara dan kini hingga menjelang pertengahan tahun 2021. Budi Utomo tetap menunjukkan kinerja apik sebagai orang nomor 1 di bumi Ragem Tunas Lampung.

Dimana sebelumnya, semua pejabat yang dilantik telah diyakini oleh Budi Utomo dapat mendampingi dirinya guna meningkatkan kinerja yang lebih baik dan optimal untuk kemajuan Lampung Utara. Mengingat saat ini, Pemerintah Daerah membutuhkan aparatur yang mau dan mampu bekerja keras, serta mampu menjawab perkembangan dan dinamika yang terus bergerak maju dalam rangka mewujudkan visi-misi Kabupaten Lampung Utara.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” kata Budi Utomo kala itu, Kamis 3  Januari 2021.

Dari segi aspek Ekonomi, Budi Utomo melayangkan perintah tegas kepada jajaranya, terkhusus untuk Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTST) agar dapat terus berinovasi dalam mempermudah izin usaha. Selain itu, guna meningkatkan Perekonomian di Lampung Utara, Budi Utomo juga melibatkan unsur lain diluar birokrasi pemerintahan yang ada guna mendukung sekaligus menopang kinerja pemerintah daerah agar dapat tersenuth dan dirasakan oleh masyarakat.

“Para pengusaha, termasuk pengusaha muda memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan membantu membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan berbagai profesi usaha,” kata Budi Utomo saat menghadiri pelantikan Ketua dan Pengurus BPC HIPMI Lampung Utara 2021-2024 di GOR Sukung Kotabumi.

Terlebih, lanjut Budi, sekarang ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Untuk itu perlu perubahan program dan sistem serta menerapkan SDM yang kompetitif dan produktif.

Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo (kiri)
Seperti yang kita ketahui, salah satu ciri dari Good Governance atau tata pemerintahan yang baik adalah mampu berinteraksi dengan semua elemen. Untuk itu, salah satu cara yang dilakukan Budi Utomo, yakni gencar mengahdiri berbagai momen acara yang diselenggarakan oleh Insan Pers, baik guna menjaga hubungan harmonis maupun melibatkan diri kedalam dunia media massa. Sekaligus mengikat media massa yang berfungsi sebagai alat menyosialisasikan berbagai kebijakan dan pelayanan publik.

“Untuk itu insan pers harus berdiri di depan dalam menciptakan iklim yang kondusif, tidak menyajikan berita-berita yang menyesatkan. Apalagi sampai menyampaikan informasi bohong,” tandas Budi Utomo saat mengahadiri acara memperingati Hari Pers Nasional di Gedung Olah Raga (GOR) Sukung Kotabumi.

Selanjutnya, untuk berbagai Aspek Pembangunan, Budi Utomo melaksanakan dan memerintahkan jajaran untuk membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) guna berinteraksi sekaligus melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan di Lampung Utara.

“Perlu kita pahami bahwa partisipasi masyarakat merupakan salah satu indikator dan menentukan sebuah keberhasilan pembangunan,” kata Budi Utomo dalam acara Musrenbang Kecamatan Tahun 2021 di Kecamatan Abung Semuli.

Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo (pegang piala)
Disamping itu, Budi Utomo juga sudah membuktikan kepada masyarakat akan kepiawaiannya dalam bekerja dan memimpin roda Pemerintahan Daerah dalam menangani kasus pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda. Tidak tanggung -tanggung, dua penghargaan Tribun Lampung Digital Award 2021 telah diraihnya.

Penghargaan ini diraih karena Pemerintah Daerah Lampung Utara dinilai telah berhasil menjalankan program pencegahan, sosialisasi, dan penanggulangan pandemi Covid-19. Sehingga berhasil menekan penyebaran virus Covid-19 dan menjadi daerah yang mampu menyediakan tempat isolasi mandiri hingga ke pelosok Desa.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh masyarakat Lampung Utara yang telah mendukung dan menjalankan semua program Pemkab Lampura dalam mencegah, menanggulangi, dan memulihkan situasi pasca pandemi covid-19,” ujar Budi Utomo usai menerima penghargaan dikala itu.

Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Mankodri (kiri) saat mewakili Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo menyampaikan LKPJ Tahun 2020

Atas capaian dan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk mewujudkan pembangunan Kabupaten Lampung Utara yang aman, agamis, maju dan sejahtera. Budi Utomo memerintahkan jajarannya untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPJ) Bupati Lampung Utara Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Utara.

“Pemkab Lampung Utara menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap Pimpinan dan seluruh Anggota Dewan yang terhormat, yang telah bekerja keras dalam meneliti, mengkaji, dan membahas secara seksama, sehingga berbagai koreksi, saran, dan masukan telah dapat menyempurnakan Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPJ) Bupati Lampung Utara Tahun Anggaran 2020,” pungkas Mankodri saat mewakili Budi Utomo dalam sidang Paripurna DPRD dalam rangka pembahasan LKPJ Bupati Lampung Utara Tahun Anggaran 2020.

(adv)||editor:pzr

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget