Desa Sukamaju kec Abung Tinggi Membuat Posko Covid 19

BlogGua- lampung utara Program dana desa yang di kucurkan oleh pemerintah pusat, Melalui pemerintah daerah khusus nya kabupaten lampung utara, Di tahun 2020 bantuan Alokasi Dana Desa, Sekarang sudah langsung masuk melalui rekening Desa, Bila di gelobalkan dari dana desa (DD), Maupun alokasi dana desa (Add), Yang cukup besar jumlah nominal nya.

Harapan pemerintah pusat Supaya program Alokasi dana desa tersebut, dapat dimanfaat kan bagi penerima anggaran dana desa, Guna membangun Desa , Masyarakat desa bisa menikmati fasilitas yang sudah di angarkan pemerintah pusat, Harapan pemerintah pusat, Dengan ada nya Program Dana Desa, Supaya dapat membangun desa yang tertingal.

Dengan ada nya Program-program dari pusat bisa jauh lebih baik, Pembangunan dana desa tersebut atas persetujuan masyarakat, Di ajukan oleh pemerintah Desa, melalui musyawarah Dusun( musdus), dan akan di rapatkan oleh Rk, Rt BPD dalam musyawarah desa (Musdes), Di masing masing Desa Meskipun cara pengambilan nya tiga 3 tahap 40% pertama 40% yang kedua, 20% yang terakhir.

Penarikan (Dd) termin yang pertama 40%, Itupun, Tidak di bolehkan di cairkan semua, masih ada cara cara pengambilan dana tersebut, Dengan cara 3 termin pencairan Dana, apa saja yang di perlukan dan yang akan di beli oleh Desa, Pemerintah desa harus melengkapi SPJ.

Saat di mintai keterangan, Tim pelaksana kegiatan (Tpk) .Hartoyo Apa saja yang di kerjakan melalui anggaran Dana Desa, Sukamaju Kec.Abung Tinggi kabupaten lampung utara, "Saya membangun beberapa pekerjaan sesuai dengan ajuan masyarakat, Semua warga desa .Sukamaju Dari dusun mengajukan permintaan pembangunan, di dusun masing masing, atas permintaan kepala dusun masing masing, kami ada kan ada kan (musdes) musawarah Desa, Hasil dari musyawarah Desa, Yang mana kami anggap penting dan Perlu, akan akami prioritaskan pembangunan ajuan dari masayrakat, dan itupun kami mengikuti APBDS Desa. Khusus nya Desa sukamaju akan membangun desa sukamu akan beberap pekerjaan di antara nya.
1.Jalan onderlah 700 M di bagi dua dusun di dusun 2, 3.
2.pagar paud di dusun 1
3.Rambat beton 100.m menuju makam desa
4.inovasi Desa atau ambulan Desa.

Menurut ketua Bpd Desa Sukamaju Bandan pemerintah desa Hartoyo semua pekerjaan yang ada di Desa Sukamaju kec Abung Tinggi, kabupaten lampung utara, hasil musyawarah warga atar dusun, Dan kami mengumpulkan warga dusun apa saja yang di perlukan warga, setelah itu kami ada kan rapat di tingkat desa, atau yang sering di sebut musdus, Dimusdes itulah kami rapatkan dan apa saja kebutuhan yang palingpioritas di desa.


Lanjut Plt Desa Sukamaju, Suheri kec abung tinggi.pembuatan posko peyegahan peyebaran virus korona/Covid 19, dengan cara peyemprotan vaksin atau Disintfentran, Peyemprotan di adakan mulai dari tempat ibadah, seperti Musholla, Masjid, sekolahan, Posko desa, Kantor balai desa, fasiliatas umum dan turut serta Hadir mendampingi kegiatan tersebut camat abung tinggi mansuri.S.E menambahkan "Sosialisasi dan penyemprotan bersama Polsek dan Koramil serta UPTD Puskesmas. Dan sudah dilaksanakan.
Kecamatan abug tinggi sudah melakukan sosialisasikan tentang pemutusan tali rantai Virus Corona, melalui mobil keliling dan sudah penyemprotan Disinfektan dan setiap desa di Abug Tinggi sudah membuat Posko pendataan para perantau pulang kampung .
peyemprotan vaksin disifentan, babinsa andre, kantipnas Dedi dan hadir pula kapus .Arip kec abung tinggi, dan pendamping desa, pendamping kecamatanTurut serta dalam kegitan peyemprotan tersebut, Pamong setempat,Rk, Rt, Tokoh Agama, Tokoh pemuda, Dan penyemprotan yang di lakukan Desa Sukamaju memakai Dana suwakelola atau(Mandiri).

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk bisa antisipasi, Apabila bepergian ke suatu tempat, harus memakai masker, Dan upaya kan jangan sampai berjabat tangan,


"Saya menghimbau kesemua warga Desa .Sukamaju Yang baru saja pulang/datang Dari Rantauwan, Di wajib kan untuk melaporkan keberadaan nya di Desa, atau kepamong setempat, Rk.Rt. supaya pemerintah desa bisa mengetahui kondisi nya, klu untuk warga yang baru pulang dan melaporkan diri sebayak (84) dan satu dari luar negri orang, Dan sudah kami laporkan ke puskesmas yang ada di kecamatan,


"Saya juga sudah secara langsung kepada warga yang baru pulang dari kota-kota lain, Dan kami sarankan buat mereka bisa nengisolasikan diri (mandiri) Untuk bisa diam dirumah selama 14 hari atau karantina Di Rumah" Tutup nya.(Elva)

0 Komentar

Silahkan Komentar