Bupati Pesibar Laksanakan Musrembang RKPD Tahun 2021

BlogGua, Pesisir Barat - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal di Dampingi Wakil Bupati Erlina memimpin langsung kegiatan Musrembang RKPD Tahun 2021 melalui Vicon di OR Batu Gughi, Selasa (14 April 2020).

Bupati Pesisir barat Dr. Drs Agus Istiqlal.,SH.,MH. Memimpin langsung kegiatan musrembang yang di dampingi Wakil Bupati Erlina.,SP.,MH. Dan di hadiri oleh. Sekda Ptovinsi dan Kepala Dinas Bappeda Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Ketua, Wakil Ketua, anggota DPRD Kabupaten Pesisr Barat, Dandim 0422 lambar, Asisten Bidang Pemerintah dan kesejahteraan Rakyat dan Selurun Perwakilan dari OPD.

Selanjutnya dalam sambutannya Bupati Dr.Drs Agus Istiqlal SH., MH. Menyampaikan Memahami Bahwa acara ini di lakukan di tengah kondisi Bencana Penybaran Wabah covid-19 secara Global yang meresahkan masyarakat. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan acara tahun ini dilaksanakan secara VERTUAL MEETING Dengan Vidio Conference, Bupati berharap hal ini tidak mengurangi Substansi Acara serta tidak memutus tali Silaturhami. Dengan adanya musibah ini, kita harus tetap mampu menyatukan persepsi dan semangat untuk bersma-sama merencanakan arah Pembangunan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021 mendatang, Sehingga yang dapat bersenergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Daerah.

Hingga tahun keempat RPJMD Tahun 2016-2021 Telah banyak Pemerintah Daerah Capai, mulai dari peningkatan pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan Kualitan dan kuantitas Infrastruktur Pelayanan Dasar hingga Pemberdayaan masyarakat. Semua keberhasilan pembangunan, adalah berkat rahmat Allah SWT dan kerja nyata dari seluruh aparatur Pemerintahan Daerah, Baik dari kami eksekutip dan DPRD Sebagai Legeslatip yang merupakan Reprentasi masyarakat, Hingga dukungan Dari segenap Forkopinda, Kementrian/lembaga, Pemerintah Provinsi Lampung serta seluruh Stekeholders.

Disamping Capaian keberhasilan Tentunya masih terdapat Hal-hal yang perlu teris ditingkatkan dan di sempurnakan baik dari sisi kebijakan program maupun Kegiatan. Kita yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan tantangan pembangunan dapat dihadapi dan di carikan solusi, hal inilqh yang harus menjadi dasar semangat kita dalam pelaksanaan MUSRENBANG kali ini.

Visi Kabupaten Pesisir Barat adalah Tereujudnya masyarakat Pesisir Barat yan madani mandiri dan sejahtera. RKPD Kabupaten Tahun 2021 mendatang adalah tahun Kelima Pelaksanaan RPJMD Tahun 2016-2021. Mohon kiranya semua target yang telah di tetapkan dapat di laksanakan.

Bupati berharap memastikan bahwa setiap perencanaan dan penganggaran yang diambil oleh para Kepala perangkat daerah, TAPD dan Banadan Anggaran (banggar) DPRD dqpat memberikan kontribusi dan Kenerja maksimal.
Terhadap Lima prioritaa pembangunan Daerah yaitu
1. Percapaian pembangunan infrastruktur elayanan dasar dan konektivitas wilayah.
2. Pembangunan sumber daya manusia.
3. Pembangunan ekonomi masyarakat dan potensi unggulan daerah.
4. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik.
5. Penglolaan sumber daya alamdengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan mitgasi bencana.

Kelima prioritas pembangunantahun 2021 mendatangdiarahkan infrastruktur dan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan sumberdaya manusia untuk percapaian pembangunan.

Bupati menyampaikan beberapa hal, mohon kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi penyusunan RKPD Provinsi Lampung tahun 2021 yang lokasi pekerjaanya berada di
kabupaten Pesisir Barat, khususnya bantuan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana pemerintah daerah serta infrastruktur untuk menunjang kepariwisataan pesisir barat, antara lain
1. rehabilitasi jaringan irigasi primer dan sekunder way biha di kecamatan pesisir selatan, jaringan ini merupakan kewenangan dari pemerintah provinsi lampung. dapat kami sampaikan bahwa pesisir selatan hingga saat ini adalah lumbung padi daerah dengan rehabilitasi ini diharapkan akan lebih meningkatkan produktivitass padi kabupaten pesisir barat dan nantinya dapat menjadi salah satu lumbung beras di provinsi lampung.
2. normalisasi daerah aliran sungai way la'ay di kecamatan way krui hingga karya penggawa dapat kami gambarkan bahwa saat ini kondisi daerah aliran sungai way la'ay sudah tercemar dan tergerus pada hal ini disebabkan oleh adanya penambangan di lokasi hilir daerah aliran sungai way la'ay yang berada di wilayah kabupaten lampung
barat. mohon kiranya pemerintah provinsi lampung dapat melakukan peninjauan ulang terhadap izin pertambangan tersebut dan segera melakukan bagian hulu. normalisasi pada bagian hilir.
3. pemanfaatan bandara m. taufik kiemas kami berharap fasilitasi oleh pemerintah provinsi lampung untuk mengarahkan kabupaten lampung barat dan tanggamus agar dapat memanfaatkan penerbangan dari bandara m. taufik kiemas. kami menilai bahwa konektivitas antar wilayah merupakan salah satu indikator dalam usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
4 pembangunan dermaga pulau pisang di kecamatan pulau pisang dan dermaga tembakak di kecamatan pesisir utara. kondisi saat ini pulau pisang sudah tidak memiliki dermaga yang bisa dipergunakan, sementara wisatawan yang berkunjung terus meningkat. diharapkan dengan dibangunnya dermaga di pulau pisang ini akan meningkatkan perekonomian dan memperlancar arus orang dan barang ke pulau pisang. sedangkan pembangunan dermaga tembakak diharapkan mampu memperpendek jarak untuk wisatawan dari arah sumatera selatan dan bengkulu.
5. rehabilitasi berat gedung dan sarana prasarana kawasan konservasi laut daerah penangkaran penyu, pekon muara tembulih. kondisi saat ini gedung dalam kondisi tidak layak dan tidak beroperasi perlu diketahui bahwa konservasi penyu muara tembulih ini sudah kami tetapkan sebagai salah satu
lokasi wisata edukasi di kabupaten pesisir barat.
6. pendampingan dan fasilitasi krui pro tanjung setia (surfing competition international) dan event event pariwisata di kabupaten pesisir barat kebupaten pesisir barat sudah dikenal secara nasional dan internasional, kami berharap dengan perhatian yang lebih dari pemerintah provinsi lampung untuk bersama-sama membangunan pariwisata di kabupaten pesisir barat secara khusus dan provinsi lampung secara umum.

kembali Bupati sampaikan untuk dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi
bencana alam dan non alam yang sevwaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kita serta meningkatkan kesadaran untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat
mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat. tak lupa kita selalu berdoa dan memohon kepada allah swt untuk keselamatan, kesehatan dan kemakmukan diri dan keluarga serta bangsa dan
negara ini.

(Wari)

0 Komentar

Silahkan Komentar