Banjir lumpuhkan Jalan penghubung Kabupaten lampung Utara Dengan kabupaten Tulang Bawang Barat

BlogGuaLampung utara Banjir yang melanda di sejumlah wilayah Kabupaten Lampung Utara bukan hanya menggenangi ratusan rumah warga. Tetapi juga memutuskan sebagian akses jalan utama yang dilalui masyarakat.

Salah satunya di Kecamatan Abung Timur, Jalan lintas Provinsi yang menghubungkan dengan Kabupaten tetangga kabupaten Tulang Bawang Barat kini tidak bisa dilalui. Sebab, ketinggian air dampak meluapnya sungai way abung yang menggenangi jalan lintas utama masyarakat disana mencapai pinggang pria dewasa.

“Ya beberapa titik ruas jalan akses menuju kecamatan Abung Timur lumpuh dan tidak bisa dilalui. Sebab, genangan air cukup tinggi hingga mencapai kurang lebih 1 Meter, ” Kata Merwan warga Abung Timur, Kamis (16/4/2020)

Selain itu, banjir tidak hanya memutuskan ruas jalan saja, dan merendam belasan rumah warga. Tak hanya itu ratusan hektar juga lahan pertanian tempat warga menggantungkan diri memenuhi kebutuhan hidup terdampak luapan Air Way Abung.

” Saya berharap agar pemkab Lampura bisa segera memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, ” Ucapnya.

Hingga saat ini,  lanjut dia, banyak warga yang masih memilih untuk tetap bertahan dirumah. Tetapi ada juga yang sudah mengungsi ketempat yang lebih aman.

Sementara itu, Joni salah warga setempat mengatakan hingga saat ini belum ada sama sekali bantuan yang datang. Padahal warga sangat membutuhkan makanan, obat-obatan dan lainnya.

“Semoga hari ini bantuan yang diharapkan bisa segera datang. Karena kami sangat membutuhkannya,” tuturnya.

Terpisah, Camat Abung Timur Muad mengatakan Luapan Air Way Abung semakin tinggi, sehingga memutuskan akses jalan. Warga yang ingin bepergian ke perkotaan terpaksa harus menempuh jalan yang lain.

” Ya kalau kendaraan roda dua tidak bisa lewat lagi, kalau kendaraan roda empat masih bisa namun harus teliti dan hati hati, ” Kata dia.

(Andrian Folta)