Mahasiswa KKN Unila di Pekon Banjar Agung Laksanakan Program Cek Kesehatan

BlogGua, Tanggamus - Mahasiswa KKN Universitas Lampung periode 1 Pekon Banjar Agung, Kecamatan Limau, Tanggamus melaksanakan program kerja Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat serta Menurunkan Insidensi Penyakit dan Morbiditas Pada Masyarakat yang terdiri dari kegiatan Pengenalan dan konseling Jamban Sehat, Intervensi dan konseling pada Ibu melalui program "PENTING" Pencegahan Stunting, Cek dan Edukasi kesehatan yang bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Antar Brak, Kec.Limau, Tanggamus.

Kegiatan ini diselenggarakan pada 26-27 Januari 2020. Pekon banjar agung memiliki 3 dusun yaitu dusun 1 (Banjar Agung), dusun 2 (Kampung Sawah), dan dusun 3 (Madang Jaya). Cek kesehatan pertama kali diadakan di dusun 3, dimana dusun tersebut terletak di perbukitan dan akses jalan menuju ke dusun sangat sulit terutama ketika hujan turun. Kegiatan ini diikuti sekitar 120 termasuk orang dewasa dan lansia yang sangat antusias untuk mengecek kesehatan diri mereka.

Pada hari kedua, cek kesehatan diselenggarakan di Dusun 1 dan Dusun 2 yang secara berbarengan dengan jadwal rutin Puskesmas Keliling Puskesmas Antar Brak. Warga dusun 1 dan 2 sangat antusias untuk mengecek kesehatan diri mereka.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada UPTD Puskesmas Antar Brak, Kec.Limau, Tanggamus yang telah membantu penyelenggaraan cek kesehatan warga Pekon Banjar Agung dan saya mewakili rekan-rekan sangat senang semua warga dusun antusias untuk mengecek kesehatan sekaligus mengedukasi diri dengan menerima penyuluhan kesehatan yang kami berikan," ujar Chandra Mulya Silaban selaku Koordinator Desa (Kordes) Pekon Banjar Agung, Kecamatan Limau, Tanggamus.

Husein selaku Kepala Urusan (KAUR) Keuangan Pekon Banjar Agung mengapresiasi kegiatan yang mahasiswa KKN selenggarakan, “cek kesehatan itu penting dan harus rutin setidaknya sebulan sekali, jangan menunggu sakit dulu baru berobat. Saya sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini karena disini tidak sebulan sekali bahkan setahun sekali cek kesehatan bisa diadakan dan bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Antar Brak,” ujarnya.

(Red)

0 Komentar

Silahkan Komentar