Wabup Tanggamus Buka Acara Lomba MTQ Tingkat Pelajar SD dan SMP


BlogGua CN, Lampung - Ratusan siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang diselenggarakan oleh Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pendidikan, di Komplek Islamic Centre, Kotaagung, Tanggamus, Lampung Jum'at (14/6/19)





Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i ketika ditemui usai membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa MTQ tingkat pelajar ini merupakan pelaksanaan program dari 55 rencana Aksi DESA Asik yang tentunya harus dilaksanakan dalam rangka memberantas buta aksara al Quran, dan melalui ajang ini juga menurutnya dapat secara bertahap ketingkat selanjutnya sehingga semua pelajar diharapkan memiliki kompetensi yang mumpuni dibidang keagamaan.





"Dari proses ini mana yang terbaik kita berharap kedepannya, mereka mampu menjadi wakil Kabupaten Tanggamus di level yang lebih tinggi, dan yang berprestasi akan kita berikan imbalan beasiswa,"kata Wabup.





Wabup berharap, para pelajar dapat mengikut lomba MTQ tersebut dengan baik. Tidak hanya itu setelah dilaksanakannya kegiatan tersebut para peserta pelajar dapat memahami bukan hanya membaca Alquran nya saja tetapi makna yang terkandung dalam Alquran itu sendiri.





"Kita inginkan Tanggamus kedepan memiliki generasi yang tidak hanya memahami ilmu dibidang pendidikan saja tetapi tidak memahami ilmu agama. Oleh karena itu program ini kita gulirkan karena menginginkan para pelajar di Tanggamus juga dibekali dengan ilmu agama dan tahapannya sudah kita mulai melalui lomba MTQ ini,"ujarnya.





Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Aswien Dasmi menerangkan, jumlah pelajar yang ikut dalam lomba tersebut yakni 164 siswa dengan rincian siswa SD berjumlah 120 dan 44 siswa dari tingkat SMP. Adapun lomba yang diikutsertakan ialah lomba tilawah putra/putri untuk pelajar SD, Dai cilik putra/putri, sedangkan untuk pelajar SMP akan mengikuti lomba cerdas cermat (LCC).





"Lomba ini dilaksanakan selama dua hari melibatkan 15 dewan hakim atau juri dari unsur Dinas Pendidikan dan Kemenag Tanggamus, ini merupakan kegiatan lanjutan yang mana sebelumnya pada bulan Februari 2019 juga telah melakukan kegiatan pemberantasan buta aksara Al-Qur'an,"terangnya. (ls/Budi)


0 Komentar

Silahkan Komentar