Bupati Agung Lantik Kepala Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah

BlogGua CN, Lampung Utara - Agung Ilmu Mangkunegara Bupati Lampung Utara, hadir sekaligus melantik Hasan Basri sebagai Kepala Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah Periode 2018-2024, di Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah, Rabu, 03/01/2018.



Acara tersebut diawali pembacaan Surat Keputusan Bupati Lampung Utara dan Pengambilan Sumpah Pelantikan oleh Bupati Lampung Utara serta Penandatanganan Berita cara Pengangkatan Sumpah jabatan. Dilanjutkan dengan Penyematan Tanda Pangkat dan Tanda Jabatan.


Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Camat Sungkai Tengah  dan Kepala Desa se-Kecamatan Sungkai Tengah, Forkopimda Kecamatan Sungkai Tengah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat setempat.





Pertama-tama, Bupati Lampung Utara mengawalinya dengan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian Kepala Desa periode sebelumnya dan ucapan selamat bertugas kepada Kepala Desa yang baru dilantik.

Agung menjelaskan bahwa Kepala Desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Oleh sebab itu, sebagai Kepala Desa dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan warganya.

Kepala Desa memiliki kekuasaan sekaligus kewajiban untuk mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat, memanfaatkan teknologi tepat guna yang ada di desa, mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan desa, mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan menyangkut perkara hukum atas desa, serta melaksanakan kewenangan lain yang oleh ketentuan perundangan diberikan kepada desa.

Dirinya berpesan para kepala desa yang dilantik agar benar-benar memanfaatkan dana desa untuk keperluan desa. Menurutnya, dana desa itu sebaiknya dikelola secara swakelola, gotong royong, ataupun padat karya.

"Pelaksanaan dana desa dengan swakelola, padat karya, ataupun gotong royong dapat lebih efektif. Dan yang paling penting, uang keluar maupun masuk itu harus dilaporkan," jelasnya.

Editor : Adam Arassy



0 Komentar

Silahkan Komentar