Sekda Way Kanan Hadiri Bimtek Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Angkatan I Tahun 2022

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul (di podium)

BlogGua, Lampung - Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Way Kanan, Saipul menghadiri sekaligus membuka kegiatan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Angkatan I Tahun Anggaran 2022 di Hotel Grand Sinar Kampung Bumi Ratu Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, Senin (31/10/2022).

Dikesempatan tersebut Saipul menyampaikan sambutan Bupati Way Kanan yang mengatakan bahwa pekerjaan konstruksi terlibat dalam banyak kegiatan yang dapat menghadapkan mereka dengan bahaya yang serius. Untuk itu, lanjut Dia, penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dalam industry jasa konstruksi sangatlah penting, dimana penerapan keselamatan dan kesehatan kerja diharapkan mampu memberikan perlindungan kepada setiap orang yang berada di tempat kerja.

“Suatu Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Konstruksi harus memiliki Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi, yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggungjawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan, pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan kebijakan keselamatan juga kesehatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang selamat, aman, efisien dan produktif," rincinya menjelaskan.

Disampaikan pula oleh Saipul bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan saat ini melalui Dinas PUPR sedang gencar melakukan pembangunan dibidang infrastruktur, baik jalan, jembatan, maupun fasilitas masyarakat lainnya. Dimana kegiatan ini, sambung Saipul, melibatkan banyak Perusahaan-perusahaan dibidang konstruksi yang tentu saja dalam proses pengerjaan proyek melibatkan banyak tenaga kerja.

Untuk itu, masih disampaikan Saipul, Pemerintah perlu melakukan upaya yang nyata untuk mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja dibidang konstruksi, yang berdampak terhadap kerugian material, korban jiwa, gangguan kesehatan dan mengganggu produktifitas, serta dalam upaya bersama untuk menyediakan SDM konstruksi yang handal, terampil dan memiliki kompetensi yang baik, dimana tantangan utama pembangunan infrastruktur saat ini adalah peningkatan daya saing dan keunggulan kompetitif pada sektor konstruksi, sebagai sarana dan kebutuhan mendasar masyarakat.

“Saya menghimbau kepadas seluruh peserta untuk mengikuti Bimtek ini dengan baik, ikuti arahan para narasumber. Sehingga saudara nantinya dapat berkonstruksi dalam menciptakan infrastruktur Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan, serta dapat bersaing dalam industri konstruksi Nasional maupun global, di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Diketahui, Jasa Konstruksi merupakan pekerjaan yang memiliki risiko dan tingkat bahaya tinggi, seperti konstruksi perumahan, pembangunan jembatan, pengaspalan jalan, penggalian dan penghancuran.

Kegiatan tersebut tampak dihadiri juga oleh Kepala/unsur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa serta Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar