Di Kabupaten Tanggamus, Masih Ada Warga Miskin Tak Terima PKH

0
494
Beberapa kediaman warga miskin yang belum pernah menerima atas manfaat PKH./Tim

Bloggua CN, Tanggamus – Program Nasional dalam pengentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial  bagi masyarakat miskin, belum benar-benar tepat mengena kepada warga yang mestinya menikmati. Sejumlah warga miskin tersebut terdapat di beberapa wilayah Pekon, Kecamatan di Kabupaten Tanggamus. Didapati kali ini, di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Air Naningan, Tanggamus, satu KK belum pernah menerima bantuan sosial berupa PKH, KIS, atau bantuan lainnya.

Geografis Pekon Sidomulyo atau yang lebih dikenal dengan pekon Batu Lima memiliki luas wilayah kurang lebih 1200 ha, dihuni oleh beberapa suku diantaranya suku semendo, jawa, sunda dan Lampung. Wilayah ini berbatasan langsung dengan tanah kawasan register 39.

Mayoritas penduduk Pekon Sidomulyo bermata pencaharian sebagai petani kebun dengan memanfaatkan lahan tanah kawasan tersebut dengan sistem HGU (Hak Guna Usaha).

Walaupun mereka sudah diberikan pemanfaatan tanah kawasan tersebut, akan tetapi kehidupan ekonomi mereka belum juga ada perbaikan, bahkan beberapa dari mereka mengaku termasuk dalam katagori warga miskin. Akan tetapi walau mereka dalam katagori warga miskin, mereka belum pernah mendapatkan bantuan PKH, KIS dari pemerintah,

Maisah (50) warga Pekon Sidomulyo Kecamatan Air Naningan, berstatus janda dengan kehidupan ekonominya kurang layak, mengaku, “Sudah 4  tahun suami saya meninggal. Sejak itu bahkan sebelumnya, belum pernah mendapatkan bantuan PKH, KIS atau lainnya dari Pemerintah. Jika program itu ada, saya berharap dan juga mewakili warga miskin di Batu Lima dapat segera dibantu,”ungkap Masiah.

Terkait ini, Sekdes Pekon Sidomulyo, Doni mengatakan, untuk Program PKH, jika dimungkinkan dan bisa, segera diadakan pembaharuan data, agar program tersebut lebih bisa tepat sasaran. “Kami sudah mendata warga miskin yang ada di Sidomulyo yang berjumlah 110 KK dan akan kami ajukan ke Dinas terkait untuk mendapatkan bantuan,”katanya. (Tim AJOI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here