Bupati Dewi Dan Ketua DPRD Tanggamus, Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir

0
221

Bloggua CN, Tanggamus – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani bersama Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan beserta rombongan, mengunjungi korban banjir bandang Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten setempat. Jumat 09 November 2018.

Diketahui, pasca banjir, Pihak Pemkab Tanggamus, telah mendirikan Pos Kesehatan dan Dapur Umum di sekitar lokasi banjir, termasuk menurunkan Satpol PP sekitar 20 orang untuk berjaga dan memantau keadaan di sekitar lokasi bencana.

Dilokasi Posko Banjir, kediaman Kepala Pekon Umbar, Samsuddin, dalam kesempatan itu, Bupati Dewi menyampaikan  turut berduka cita atas musibah banjir bandang yang menimpa masyarakat Pekon Umbar dan sekitarnya. Dari ini, warga musibah dapat bisa tabah dan sabar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dewi menyampaikan, terkait dengan kejadian musibah ini, Pemkab Tanggamus akan mengganti dan melaporkan kepada Pemerintah Pusat, atas apa saja kerugian dan kerusakan yang terjadi. Akibat dampak dari banjir bandang Pekon Umbar ini, sebanyak 22 rumah hanyut terbawa air, 116 rumah rusak berat dan 365 rumah terkena dampaknya.

Upaya fisik, Pemkab Tanggamus akan segera memperbaiki beronjong yang jebol di bantaran sungai, untuk menghindari banjir susulan. Selain itu akan segera menurunkan eksavator untuk membersihkan badan jalan yg tertimbun tanah guna memudahkan para pengendara yang melintasi.

Pemkab Tanggamus juga, akan segera mengganti sertifikat tanah yang hanyut dan akan segera dikoordinasikan dengan BPN Tanggamus. Menyikapi pendidikan anak sekolah, akan diberikan bantuan seperti seragam, buku, alat tulis, serta baju layak pakai. Kemudian terkait dengan dokumen kependudukan, seperti KK, Akta Kelahiran, KTP, akan dikoordinasikan juga dengan Disdukcapil.

Masih menurut Bupati Dewi, terkait perlunya air bersih dan permohonan CSR dari PT. Danone (AQUA) akan segera dikoordinasikan. Untuk permasalahan listrik, pihak PLN sudah turun tetapi perlu ditegaskan dan dikoordinasikan kembali, untuk sementara Pemkab Tanggamus akan menyediakan genset dan diesel sebagai penerangan sementara.

Pantauan lokasi, Bupati berserta rombongan memberikan bantuan kepada korban banjir, yakni kebutuhan logistik diantaranya tempat tidur, selimut, tikar, beras, minyak goreng, gula, obat-obatan dan logistik lainnya untuk meringankan beban para korban banjir.

Seusainya, rombongan menuju lokasi banjir bandang di lokasi lain, yaitu ke Pekon Purwosari, Dusun Lebak Wangi Merambung, Pekon Margomulyo dan jalan lintas Pekon Pertiwi dari Pekon Kubu Langka, Pekon Banjar Sari, yang masih terisolasi dan karena dampak longsor yang menutup badan jalan.

Disela kunjungan, Kasi Kedaruratan BPBD Tanggamus, Halimi, menjelaskan bahwa banjir terjadi akibat beronjong sepanjang 500 Meter dan tanggul induk Way Umbar jebol. Dampak dari kejadian, jalan penghubung dusun Sukajadi sepanjang 3 Km lumpuh total, beronjong jebol 500 Meter, jembatan gantung putus, serta sawah lebih kurang 15 hektare rusak berat dan gagal panen. (Kominfo/ls/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here