Bupati Agung Inginkan Dana Desa Dikelola Dengan Pola Swakelola

0
302
Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,M.H saat melantik Hasan Basri sebagai Kepala Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah Periode 2018-2024, Rabu (03/01/2018).

BlogGua CN, Lampung Utara – Bupati Agung Ilmu Mangku Negara ingatkan para Kepala Desa agar lebih efektif untuk mengelola dana desa dengan pola swakelola yang bersifat padat karya, tindak lanjut intruksi Presiden Jokowi Widodo dalam acara penyerahan DIPA Anggaran tahun 2018 kepada para menteri.

Pesan itu disampaikan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangku Negara dalam acara Pelantikkan Kepala Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah, Lampung Utara periode 2018-2024, di Desa setempat.

“Pelaksanaan dana desa dengan swakelola, padat karya ataupun gotong royong dapat lebih efektif dan yang paling penting, uang keluar maupun masuk itu harus dilaporkan”, kata Bupati, dikutip dari rilis humas Pemkab Lampung Utara, Rabu (03/01/2018).

Selain itu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara memaparkan, Kepala Desa memiliki kekuasaan sekaligus kewajiban untuk mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat, memanfaatkan tekhnologi tepat guna yang ada di desa, mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan desa, mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan menyangkut perkara hukum atas desa serta melaksanakan kewenangan lain yang oleh ketentuan perundangan diberikan kepada desa.

Lebih lanjut, Bupati Agung mengingatkan para Kepala Desa agar benar-benar menempatkan peranan dengan baik, terkhususnya dalam pengelolaan dana desa untuk keperluan desa.

“Dengan Persatuan dan Kesatuan mari kita bangun Lampung Utara menjadi semakin lebih baik lagi. Kepada Kepala Desa yang baru dilantik sekali lagi saya mengharapkan agar dapat melaksanakan tugas secara baik dan serius sehingga amanah yang dipercayakan masyarakat dapat bermanfaat bagi kelanjutan pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat”, imbuh Bupati Agung seraya mengakhiri sambutannya.

Tampak hadir dalam acara, Anggota DPRD, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat Sungkai Tengah dan Kepala Desa se-Kecamatan Sungkai Tengah, Forkopimda Kecamatan Sungkai Tengah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat setempat.

|red,mengabarkan.