Diknas Tanggamus Tingkatkan Profesionalitas Guru

0
222
Para Guru yang terdiri dari dua Kecamatan yang tengah serius mendengarkan sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi M.Pd.I, bertempat di Aula Gedung NU Gisting Kabupaten Tanggamus, Senin (23/10/2017). Foto: Rudi/BlogGua CN.

BlogGua Cyber News – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Tanggamus mengadakan Kegiatan Penguatan Profesional Guru TK, SD dan SMP Se-Kabupaten Tanggamus dengan tema Profesionalitas dan Keteladanan Guru Menuju Pendidikan Bermutu, berlangsung di Aula Gedung Nadhlatul Ulama (NU) Gisting Kabupaten Tanggamus, Senin (23/10/17).

Turut Hadir Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi M.Pd.I, Kepala Dinas Pendidikan Drs Hi.Johansyah,M.M, diwakili oleh Sekertaris Pendidikan Supriatno, Uspika dan Perwakilan Camat Gisting Serta diikuti 334 Para guru sertifikasi di dua Kecamatan Gisting dan Gunung Alip.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Samsul Hadi menghimbau bahwa Kabupaten Tanggamus kedepan memiliki Guru-Guru atau tenaga pendidik yang berkualitas dan memiliki inovasi dalam bidang pendidikan, karena Guru yang berkualitas dan bermutu akan melahirkan generasi bangsa yg baik, bisa membawa perubahan baik kedepan nantinya, dan Guru juga harus menjadi model yang baik bagi anak-anak didiknya, yang merupakan pelopor dan terciptanya generasi bangsa yang unggul.

“Mulai sekarang ayo para Guru dan tenaga pendidik, mari kita tingkatkan mutu dan kualitas kita, bekali diri kita dengan ilmu yang bermanfaat, agar menjadi Guru dan tenaga pendidik yg bisa mengantarkan Anak Bangsa maju dan bermanfaat dalam pencapaiannya kedepan,” Ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, ia mengimbau kepada semua pendidik dan tenaga kependidikan, pelopor dan pencinta dunia pendidikan hendaknya dapat lebih menguasai ilmu tekhnologi serta meningkatkan kualitas pelayanan akses yang berkeadilan kepada seluruh peserta didik selaku kader kader bangsa bangsa yang akan datang, hal ini agar memperoleh pendidikan lebih baik dan berkualitas.

“Kalau kita konsen hanya pada infrastruktur saja tidak akan pernah selesainya, namun yang lebih mendesak yang perlu kita prioritaskan adalah pendidikan, karena saya menginginkan tidak ada lagi sekolah yang double shiff, sekolah pagi dan sore karena keterbatasan gedung ditahun 2019 yang akan datang tidak ada lagi, gedung sekolah yang bagus juga akan menumbuhkan kepercayaan bagi guru dan murid,” kata Samsul.

Ia menambahkan, sosok guru merupakan panutan bagi seluruh siswa, untuk itu ia berpesan kepada seluruh guru untuk meningkatkan kualitas dan profesional dalam mendidik ilmu pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran, dengan begitu dapat memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga terbangun karakter yang positif.

“Karena guru adalah, pendidik yang bertugas untuk mengembangkan kepribadian dan karakter peserta didik, penguasaan kompetensi dan kepribadian yang memadai dari seorang guru akan sangat membantu pengembangan karakter siswa, Guru harus mampu menguasai tekhnolgi informasi, serta mengoperasikan komputer dan media komunikasi informasi berupa handphone dengan sistem android, karena banyak hal yang dapat diakses dan dipelajari dari tekhnologi canggih tersebut, peran orang tua dan tenaga pendidik juga sangat diharapkan, agar lebih peka terlebih ditengah kasus pelecehan seksual anak yang sering terjadi akhir-akhir ini,”tandasnya.

Sementara itu Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Supriyatno, S.Pd., dalam keterangan sekaligus pembuka dalam acara tersebut mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan Dinas Pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Guru dan Tenaga Pendidik di Kabupaten Tanggamus. Untuk gisting dan gunung alip sendiri kegiatan ini diikuti oleh 334 orang Guru bersertifikasi, baik dari TK, SD dan SMP yang ada di Kecamatan gisting 225 orang dan kecamatan gunung alip 109 orang guru.

*|Rudi, wartawan BCN mengabarkan.