Wabup&Dinas Kebudayaan Tanggamus, Lepas Tim Sendratari&Pawai Budaya Ke Nusantara Expo 2017

0
330
Ir.Fx Karjiono mewakili Wakil Bupati Samsul Hadi bersama Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tanggamus, saat tengah berfoto bersama Penari dan Pemusik dari sanggar Bintang Siwa MA Mathla'ul Anwar Gisting yang akan berangkat mewakili Tanggamus ke Nusantara Expo 2017 di Jakarta. Foto. Rudi/BlogGua.CN

BlogGua Cyber News – Dinas Kebudayaan Kabupaten Tanggamus mengadakan Pelepasan Tim Sendratari dan Pawai Budaya Tanggamus untuk mengikuti Nusantara Expo 2017, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2017 di TMII Jakarta.

Bertempat di Gedung MA Mathla’ul Anwar Gisting, Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi yang diwakili Asisten Bidang Ekobang Ir. Fx. Karjiono didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Gandung Hartadi.

Nusantara Expo sendiri merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mewadahi daerah dalam mengenalkan dan mempromosikan seni budaya daerahnya masing-masing, yang diikuti semua daerah di Indonesia.

Dalam sambutan tertulisnya Wakil bupati mengatakan, melalui event ini menunjukkan bahwa masyarakat Tanggamus merupakan masyarakat yang mencintai dan melestarikan budaya yang dimiliki, Apalagi ditengah arus globalisasi saat ini, yang telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk budaya daerah, Oleh karena itu Wabup mengajak masyarakat Tanggamus untuk senantiasa melestarikan budaya lokal serta memperkuat tali persaudaraan dan kerukunan.

“Wabup juga berpesan kepada rombongan yang berangkat, agar menjaga stamina dan kondisi kesehatan. Selain itu sebagai duta daerah hendaknya menjaga sikap dan perbuatan selama di Jakarta.

“Semoga melalui kegiatan ini akan mengenalkan budaya Tanggamus dan menarik minat wisatawan berkunjung ke Tanggamus,” Ucap Ir Fx.Karjiono.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Gandung Hartadi mengatakan bahwa, Tim Sendratari dan Pawai Budaya yang berangkat terdiri dari 25 orang penari dan pemusik yang berasal dari Sanggar Bintang Siwa MA Mathla’ul Anwar Gisting, serta 35 orang peserta pawai budaya yang berasal dari gabungan siswa siswi dari SMPN 1 Gisting, SMPN 1 Kota Agung, SMPN 1 Kota Agung Timur dan SMAN 1 Sumberejo yang selama ini dilatih dan dibina oleh Dinas Kebudayaan bersama Koreografer Ari Melsi dan Dimas Ningtyas.

” Tim Sendratari dan Pawai Budaya yang kita berangkatkan, mereka yang dibawah binaan Dinas kebudayaan Kabupaten Tanggamus, yang kita ambil dari beberapa Sekolah menengah pertama dan keatas di Tanggamus,” Ucapnya.

Selain Pagelaran Sendratari dan Pawai Budaya, Kabupaten Tanggamus juga akan mengikuti Forum 2017 yang meliputi kegiatan seminar, business matching dan peran pemuda, yang diikuti oleh Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan pengrajin kopi dari Wonosobo, yang masih merupakan rangkaian kegiatan Nusantara Expo 2017.

*|Rudi, wartawan BCN mengabarkan.