Kapolres Tanggamus, Periksa Kelengkapan Senpi Para Polisi

0
53
Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik.,M.Si, saat tengah melakukan pengecekan Senjata Api (Senpi) milik para Anggotanya, Selasa (17/10/2017). Foto: Rudi/BlogGua CN.

BlogGua Cyber News – Guna mengetahui kelengkapan dan adminitrasi kepemilikan Senjata Api, Kepolisian Resor Tanggamus melakukan pemeriksaan kondisi Senjata Api (Senpi) jenis Revolver milik para Personel Polisi yang bertugas di wilayah Resor Tanggamus, Selasa (17/10).

Adapun anggota yang hadir pagi ini dari seluruh jumlah anggota Polisi pemegang senpi rayon di bagi menjadi tiga Rayon A dan B yang berada di wilayah Tanggamus berjumlah 172 orang pemegang senpi.

Anggota pemegang senpi yang hadir pagi ini berjumlah 85 personel dinas dan 85 Personel Jajaran Polsek, pemeriksaan dan pengecekan dilakukan secara bertahap, karena jika semua hadir dalam pemeriksaan, akan mengganggu tugas dan pelayanan kemasyarakat.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) AKBP Alfis Suhaili S.lk.,M.,Si mengatakan, bahwa dengan diadakannya apel senjata api (senpi) ini, selain menjalankan perintah Kapolda Lampung, juga mengingatkan dan me-refresh dan mengingatkan kembali kepada anggota bahwa senjata api ini berasal dari pajak rakyat, sehingga para anggota harus benar-benar bisa melakukan kewajiban dan tugas, agar tidak melakukan penyimpangan dalam pemakaiannya. Karena menurutnya senpi bukan untuk di salah gunakan, apa lagi untuk menakut-nakuti masyarakat, hal itu tidak dibenarkan karena penggunaan dan pemakaian sendiri senpi ada aturannya.

“Sekalipun sedang saat bertugas anggota harus bisa memperhatikan sekitarnya, karena bisa-bisa malah melakukan tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal itu harus dan perlu kita sampaikan kembali kepada anggota yang memegang senjata api saat menjalankan tugas dan kewajibannya melayani masyarakat”, Tegas Kapolres.

Kapolres melanjutkan bahwa pengecekan ini dilakukan di dua tempat yang berbeda, yaitu Tanggamus dan Pringsewu yang meliputi tiga rayon A, B dan C.

Untuk rayon A dan B ada di Tanggamus dan termasuk dengan anggota yang bertugas di polres.
Rayon (A), mencakup wilayah Polsek Kotaagung, Wonosobo, Semaka Cukuhbalak, Limau. dan Rayon (B) terdiri dari wilayah Polsek Talangpadang,Pugung, Pulau panggung dan Sumberjo.
Untuk Rayon (C) sendiri kita tempatkan di Kabupaten Pringsewu, pengecekan telah di lakukan hari ini juga, hal ini kita lakukan memang terpisah agar tidak menggangu anggota dalam bertugas dan melayani masyarakat.

Setelah dilakukan pengecekan langsung kepada anggota yang hadir pagi ini, untuk senjata api yang di periksa kondisinya terawat, untuk kelengkapan administrasinya kita dapatkan 17 anggota yang masa izin waktunya telah habis, dan maka secara otomatis senpi kita lakukan penarikan hingga anggota segera kembali mengurus kelengkapan administrasi, dengan melalui proses tes psikologi, baru setelah lulus dari tes psikologi akan mendapatkan surat izinnya kembali, maka senjata akan di berikan kepada anggota yang bersangkutan.

“Kalau pun nanti setelah dilakukan pengecekan secara keseluruhan, kita masih menemukan kelengkapan administrasi masa waktu izinnya habis atau mendapatkan kondisi senpi dalam keadaan rusak kita akan melakukan penarikan Senjata Api milik anggota tersebut,” Ucapnya.

Ketika salah satu media menyinggung tentang pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan semua anggota Polisis ada kaitannya dengan kabar yang beredar beberapa waktu yang lalu, POLRI yang memesan Senpi, Kapolres Tanggamus Alfis Suhaili menyanggahnya.

“Pengecekan ini adalah pengecekan rutin, yang memang setiap polsek rutin setiap minggu melakukan pengecekan secara berkala dan pengecekan sendiri di lakukan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP), hari ini memang saya perintahkan pengecekan di polres secara langsung, kepada semua anggota yang pemegang senjata api di Polres Tanggamus,” Tutup Kapolres.

*|Rudi, wartawan BCN mengabarkan.