Amanat Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Lampura

0
151
Suasana Upacara Peringatan hari Kesaktian Pancasila Di Pemkab Lampung Utara, Senin (2/10). Foto: Doc. Humas Pemkab Lampura.

BlogGua Cyber News – Upaya membangkitkan semangat Pancasila dihati para Aparatur Sipil Negara (ASN) saat melaksanakan kegiatan didalam kehidupan sehari-hari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (1/10/2017) di halaman depan kantor Pemkab setempat, Senin (2/10).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang juga bertemakan ‘Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila, Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Makmur’, telah diikuti oleh seluruh ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara. Namun dalam kesempatan ini telah diwakilkan oleh Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Lampung Utara Drs. H. Samsir, M.M. Karena Bupati Agung berhalangan hadir dalam upacara tersebut.

Dalam amanat Inspekur Upacara, Drs. H. Samsir.M.M mengatakan, disamping telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh. Pancasila juga telah memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik di setiap lapisan masyarakat. Nilai-nilai Pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam berpolitik. Hal ini juga sekaligus menepis pandangan-pandangan yang menyatakan seolah-olah Pancasila kurang memperoleh perhatian bersama sejak Reformasi 1998 silam.

Lanjut Irup Samsir, untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama yang berlandaskan Pancasila. Karena Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa yang sekaligus menjadi pondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Kita harus terus-menerus menumbuh kembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi. Dalam konteks ini, pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif. Karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan. Nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan secara massif” ujar Samsir, seraya berpesan agar seluruh ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, untuk tetap terus saling bekerjasama, berkoordinasi dan bersinergi guna menjamin kelancaran pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.

“Nilai pancasila harus dipertahankan dan kita sebagai warga Indonesia harus pegang teguh nilai pancasila”, pungkas Inspektur Upacara

*|Red