Harapan Jokowi Terhadap Keraton Se-Nusantara

0
56
Kepala Negara Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (18/9/2017).
Kepala Negara Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (18/9/2017).

BlogGua CN, Jakarta-Presiden Joko Widodo yang kerap disapa Jokowi, berharap keraton se-Nusantara terlibat dalam pembangunan karakter bangsa.

“Sehingga kita (Indonesia) memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbudi luhur, tangguh, inovatif dan kreatif,” harap Presiden ketika memberikan sambutan dalam agenda Penutupan Festival Keraton Nusantara ke-11 yang diselenggarakan di Taman Gua Sunyaragi-Kota Cirebon-Jawa Barat, Senin malam (18/9).

Selain itu, Presiden Jokowi/Kepala Negara Indonesia mengingatkan agar setiap aset budaya keraton mulai dari naskah kuno, benda pusaka, karya arsitektur sampai karya seni dijaga dan dirawat dengan baik hingga tak satupun negara lain berniat untuk mengakui karya adiluhung yang sudah tercipta di Indonesia.

“Jangan sampai kita justru datang ke luar negeri untuk mengapresiasi karya-karya adiluhung tersebut. Ini aset budaya yang harus kita lindungi, jaga, rawat dan kita kembangkan lagi,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga membandingkan, banyak negara yang sektor kepariwisatanya berkembang pesat dengan cara mengangkat kekayaan tradisi, narasi atau cerita yang menarik tentang budaya daerah yang dimiliki masing-masing negara.

“Peninggalan kita jauh lebih bagus tapi kita kurang merawatnya, mengemasnya, antara keraton dan pemerintah,” ujar Presiden Jokowi seraya mengingatkan “Aset-aset keraton nusantara bisa memberikan kesejahteraan bukan hanya bagi para Sultan tetapi juga bagi masyarakat di sekitar keraton dari Sabang sampai Merauke,” cetus Presiden.

Kabar sebelumnya, Wabup Tanggamus Lepas Rombongan Peserta Festival Keraton Nusantara 

Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi M.P.d.I, meminta agar para generasi muda di Lampung dapat menjaga serta melestarikan adat-istiadat berbahasa daerah, khususnya Tanggamus (…)

*|Red