Wakil Gubernur Lampung Terima Kunjungan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional

Suasana kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim menerima Kunjungan Kerja Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Harjo Susmoro ke Provinsi Lampung bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Gunernur, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (09/11/2022).

Kegiatan Kunjungan Kerja Wantannas kali ini mengusung tema tentang 'Peningkatan Kesadaran Bela Negara Menghadapi Era Society 5.0 Dalam Rangka Keamanan Nasional'. 

Dikesempatan tersebut, Chusnunia menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kepala Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Laksdya TNI Harjo Susnoro beserta Tim di Provinsi Lampung. 

"Ini merupakan suatu kehormatan dan dalam kesempatan ini juga saya mengucapkan terimakasih dan menyambut baik, mendukung kegiatan kerja Dewan Ketahanan Nasional, dalam konteks bersama-sama meningkatkan kesadaran bela negara di era society 5.0," ungkapnya. 

Selain itu, Chusnunia mengatakan bahwa hal yang sangat urgent dan strategis ini sebagai salah satu upaya dalam memberikan kontribusi positif bagi upaya pembelaan negara secara terencana dan berkelanjutan.

Upaya bela Negara pada dasarnya merupakan bentuk perwujudan hak dan kewajiban seluruh warga negara Sehingga, kata dia, dalam hal ini diharapkan partisipasi dan kesadaran seluruh warga dalam konteks bela negara. 

"Strategi pertahanan negara Indonesia menggunakan strategi pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya,"jelasnya.

Upaya ini, lanjut dia, dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

Diakhir sambutannya Chusnunia mengharapkan agar hal ini dapat menumbuhkan rasa kesadaran bela negara kepada generasi penerus bangsa. 

"Jangan pernah sampai lepas kesadaran mencintai negara ini, kesadaran untuk membela negara ini di generasi-generasi muda kita dan generasi selanjutnya. Melalui pertemuan ini juga saya berharap ini menjadi momentum untuk kita bersama-sama terus menjaga endurance, semangat untuk saling menyemangati dan mengingatkan atas kesadaran bela negara," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Wantannas, Harjo Susmoro dalam kesempatan ini juga menyampaikan ucapan terimakasih, maksuddan tujuannya berkunjung ke Provinsi Lampung, 

"Dengan bela negara saat ini sudah semakin kompleks dan tidak sama dengan bela negara zaman-zaman sebelumnya. Saya berterima kepada Ibu Wagub dan masyarakat Lampung untuk bisa menerima kami, ini sebenarnya bukan berarti kurang, justru ini akan menjadi base marking sebagaimana Lampung ini menjalankan bela negara secara total," jelasnya seraya menegaskan akan menjadikan Lampung sebagai contoh kepada yang lain.

"Apabila ada yang kurang kita akan berikan masukan, cari solusinya dan laporkan kepada presiden berupa rekomendasi-rekomendasi mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menghadapi era society 5.0," pungkasnya.

Tampak hadir dalam Acara tersebut, Bupati Lampung Timur, Forkopimda Provinsi Lampung, Forkopimda Lampung Timur, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (kmf)