Sekdaprov Lampung Hadiri Syukuran HUT ke-77 Korps Brimob Polri

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto (PDH Khaki)

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto menghadiri Syukuran HUT ke-77 Korps Brimob Polri di Gedung Serba Guna Presisi Polda Lampung, Lampung Selatan, Lampung, Senin (14/11/2022).

Syukuran HUT Brimob tersebut mengusung tema Setia, Berani, Ikhlas, Berbhakti untuk Negeri dan dalam acara ini, Kapolda Lampung Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol.  Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanat tersebut, diungkapkan Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus bahwa harapan Kapolri melalui peringatan HUT Brimob 2022 agar jajaran Korps Brimob Polri senantiasa berpegang teguh kepada janji, memiliki kepercayaan diri yang kuat, rela berkorban, berhati bersih, serta siap mengerahkan segenap tenaga, pikiran dan jiwa raga untuk kepentingan bangsa Indonesia.

“Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri dimana pun berada. Semoga seluruh personel Korps Brimob Polri selalu diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah NKRI maupun dalam melaksanakan misi perdamaian dunia,” ujarnya.

Kapolri, lanjut dia, mengapresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Korps Brimob Polri dalam berbagai pelaksanaan tugas. 

"Dan saya berharap kepada Bhayangkara sejati Korps Brimob Polri untuk terus menjaga dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang akan dihadapi baik dalam menjaga keamanan NKRI maupun pengamanan agenda-agenda kegiatan nasional yang akan kita laksanakan bersama," ujarnya.

Agenda tersebut, yakni Pemilu tahun 2024, maupun agenda internasional seperti pengamanan pelaksanaan KTT G20 di Bali tahun 2022 dan kegiatan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi covid-19 dapat kita pulihkan lebih cepat dan bisa bangkit lebih kuat.

Tentunya, lanjut dia, dengan pelaksanaan tugas yang dilaksanakan dengan baik akan semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dan kecintaan masyarakat terhadap Korps Brimob Polri.

Kapolri berpesan dan memberikan penekanan kepada seluruh jajaran Korps Brimob Polri untuk:

  1. Tingkatkan keimanandan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan selalu berpedoman kepada nilai-nilai luhur pancasila, undang-undang dasar 1945, tribrata dan catur prasetya;
  2. Selalu jaga dan tingkatkan kebanggaan sebagai anggota korps brimob polri dengan senantiasa memberikan prestasi dan menjaga kehormatan pribadi, kesatuan 8 dan institusi polri sebagai bentuk implementasi transformasi menuju polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (presisi); 
  3. Mantapkan soliditas internal dengan selalu menanamkan kebanggaan terhadap kesatuan dan perkuat sinergitas dengan TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen bangsa dengan mengembangkan kerjasama serta kolaborasi baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari; 
  4. Tingkatkan terus kemampuan dan keterampilan, wawasan dan mindset personel serta kembangkan modernisasi sarana dan prasarana pendukung agar profesionalisme korps brimob polri senantiasa terjaga; 
  5. Mempertahankan ketegasan dalam setiap upaya penegakkan hukum sehingga tidak menimbulkan keraguan ataupun kesan lemah di masyarakat; 
  6. Terapkan pola hidup sederhana sehingga dapat menjadi tauladan baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sosial di masyarakat. 

“Selaku pimpinan Polri saya berharap penekanan tersebut dapat dijadikan pedoman untuk mewujudkan Korps Brimob Polri yang setia berani ikhlas berbakti untuk negeri. Sehingga jajaran Korps Brimob Polri senantiasa berpegang teguh kepada janji, memiliki kepercayaan diri yang kuat, rela berkorban, berhati bersih, serta siap mengerahkan segenap tenaga, pikiran dan jiwa raga untuk kepentingan bangsa Indonesia,” harap Kapolri seperti disampaikan Kapolda.

Seperti diketahui, penetapan HUT Brimob ini bertepatan dengan dibentuknya satuan tersebut pada masa kemerdekaan. Brimob adalah singkatan dari Brigade Mobile, dikutip dari laman resmi Korps Brimob Polri, Brimob adalah satuan elit Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi.

Satuan tertua di kepolisian ini, lahir pada tanggal 14 november 1946. Sejak dibentuk, Brimob telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas seperti gerakan radikal bersenjata, aksi terorisme dan pengamanan unjuk rasa yang anarkis.(Adpim)