1 Abad NU: Rombongan Peziarah Makam Ulama Diberangkatkan Bupati Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (hijab Cream)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani Melepas Keberangkatan Rombongan Ziarah Makam Ulama dalam rangka Hari Santri Nasional dan Peringatan 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) di Masjid Jami' Hidayatul Muttaqin Pekon Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Sabtu (15/10/2022).

Dijelaskan Dewi bahwa keberangkatan rombongan jama'ah kali ini merupakan perjalanan ke makam para ulama, kiyai dan tokoh-tokoh NU di Kabupaten Tanggamus, diharapkan dapat menambahkan wawasan serta mengenal lebih dekat jejak perjuangan dan perjalanan beliau, sekaligus menambah keimanan para jama’ah ziarah.

"Perjalanan ziarah dilakukan selama 2 hari, dimulai dari Pekon Landbaw Gisting ini, untuk berziarah ke Makam KH. Mas’udin, Makam KH. Ahmad Zaini dan ke Makam KH. Nur Sodik. Dilanjutkan ke Pekon Margoyoso Sumberejo sampai dengan Pekon Ciherang Gunung Alip,"imbuh Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Tanggamus itu.

Sedangkan esok hari, lanjut Bunda Dewi sapaan akrab bagi Bupati Tanggamus itu, akan dimulai dari Makam KH. Asik’udin Al Busthomi, sampai pada ke Makam Tokoh-tokoh NU di Kecamatan Pematang Sawa.

Harapannya, masih kata Bunda Dewi, kunjungan ziarah ke makam-makam para Kiai Haji, Habib dan Syekh ini, selain dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan 1 Abad NU, juga banyak manfaat dan tujuan yang akan dicapai diantaranya :

  • Pertama, ziarah kubur dengan tujuan untuk mengingat akhirat, kita suatu saat akan seperti beliau yang kita ziarahi, sehingga menambah motivasi untuk meningkatkan ibadah;
  • Kedua, untuk mendoakan orang yang ada di dalam kuburan, ziarah dengan tujuan ini disunahkan bagi setiap orang muslim;
  • Ketiga, untuk tabarruk atau mendapatkan keberkahan. Contohnya adalah berziarah ke makam para ulama, wali dan para kiai seperti saat ini. 

"Keempat, untuk memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ziarah ke makam orang tua kita, guru-guru kita, dan lain-lain,"pungkasnya.

Diketahui, dalam kesempatan itu juga Perempuan Dengan Gelar Penidikan Sarjana Ekonomi Magister Manajemen tersebut merogoh kocek pribadinya untuk memberikan bantuan sebelum melepas langsung Keberangkatan Rombongan Ziarah Makam Ulama.

Tampak turut hadir juga dalam acara tersebut, Ketua PC NU KH. Samsul Hadi, Dewan Provinsi dari fraksi PKB Azuwan, Camat Gisting Purwanti, Ketua rombongan ziarah Hi. Ahmad Mahfud, Liat Tohada Dawawi, Kuat Muhadi, Liat Tubrozi, Ustadz Suryo Mulyono, Kiayi Yazid dan Kepala Pekon Landbaw Widodo. (kmf/Manzori)