Pemda Lampung Tengah Canangkan Gerakan Gemar Membaca 30 Menit Setiap Hari

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad (tengah)

BlogGua, Lampung - Guna meningkatkan minat baca, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Tengah mencanangkan Gerakan Gemar Membaca 30 Menit Setiap Hari. Sehingga masyarakat Lampung Tengah menjadi masyarakat yang gemar membaca sekaligus menjadikan Lampung Tengah sebagai Kabupaten terbaik di Provinsi Lampung.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad saat membuka secara resmi acara Pencanangan Gerakan Gemar Membaca 30 Menit Setiap Hari Dalam Keluarga dan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah di Gedung Sesat Agung, Nuwo Balak, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Senin (08/08/2022).

"Mari kita jadikan masyarakat Lampung Tengah menjadi masyarakat yang gemar membaca baik dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Demi mewujudkan Kabupaten Lampung Tengah menjadi Kabupaten Terbaik se- Provinsi Lampung,"tuturnya.

Dikatakan juga oleh Musa, saat ini minat baca di Lampung Tengah terbilang cenderung sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Untuk itu, Musa Ahmad sangat mendukung penuh kegiatan tersebut.

Dikesempatan yang sama, Musa berharap dengan adanya kegiatan tersebut, kedepan setiap keluarga di Lampung Tengah mempunyai Perpustakaan Keluarga sendiri, guna mencerdaskan penghuni rumah dan menumbuh kembangkan minat baca yang tinggi.

"Sehingga terjadi peningkatan indeks literasi di Kabupaten yang kita cintai ini,"tandasnya.

Sementara, Bunda Literasi Lampung Tengah, Mardiana Musa Ahmad mengatakan, di Kabupaten Lampung Tengah sudah terbentuk 28.000 perpustakaan keluarga yang ditargetkan menjadi 70.249 atau 15% dari jumlah Kepala Keluarga 463.333 di Kabupaten Lampung Tengah.

Tak lupa, Mardiana Musa mengucapkan terimakasih atas kehadiran Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Deni Kurniadi dalam kegiatan acara tersebut..

"Hal ini tentunya akan menjadi semangat bagi Kami untuk menjalankan Program Literasi di Lampung Tengah dan Semoga Lampung Tengah menjadi salah satu Kategori Kabupaten Gemar Membaca yang diakui oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,"harapnya.

Disamping itu, Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Deni Kurniadi mengapresiasi kegiatan yang berlangsung dan sangat signifikan di Lampung Tengah. 

"Semoga Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dapat mewujudkan dan lebih meningkatkan Perpustakaan Keluarga di Lampung Tengah,"pungkasnya.

Sebagai tambahan, pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatangan Mou antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Tengah dengan Perangkat Daerah dan Lembaga Terkait.

Dilaksanakan juga Lomba Storytelling bagi anak SMP, Lomba Melukis Tingkat SMP, Lomba Menggambar Tingkat SD, Lomba Mewarnai bagi anak Paud atau TK, Lomba Stand Perpustakaan Keluarga Kecamatan dan Lomba Foto Perpustakaan Keluarga.

Hadir pada acara tersebut Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Deni Kurniadi, Ketua DPRD Lampung Tengah Sumarsono beserta jajaran Forkompimda Lampung Tengah, Perwakilan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung, Wakil Direktur Politeknik Negeri Lampung Beni Hidayat, Pegiat Literasi Yoga Pratama, Bunda Literasi Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad, Ketua 1 TP PKK Lampung Tengah Indria Ardito Wijaya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lampung Tengah Yulita Nirlan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lampung Tengah Guntur Sosiawan, beserta Para Kepala Perangkat Daerah terkait, Direktur Great Giant Pineapple Company, Pimpinan Bank Lampung dan Pimpinan Bank Rajasa. (kmf)