STQ 2022 Pringsewu Resmi Ditutup

Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi (batik Hijau)

BlogGua, Lampung - Setelah berlangsung tiga hari sejak dibuka Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada Jumat, 10 Juni 2022 lalu, Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) 2022 Kabupaten Pringsewu telah selesai, dan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi di Hotel Regency, Gadingrejo, Pringsewu, Lampung, Ahad (12/06/22) malam.

STQ ini memperlombakan 50 tangkai yang terbagi di 9 mimbar, bertujuan untuk menggali potensi qori dan qoriah sebagai persiapan Kabupaten Pringsewu mengikuti MTQ Provinsi Lampung ke-49 di Kabupaten Mesuji pada November/Desember mendatang.

Sekda Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) setempat mengatakan STQ merupakan salah satu tahapan menuju ajang MTQ Provinsi Lampung ke-49 yang tinggal lima bulan lagi. Oleh karena itu, pada tahapan selanjutnya, yakni program pembinaan terhadap peserta yang terpilih melalui STQ ini agar dilakukan lebih intensif dan maksimal. 

"Pada MTQ ke-48 tahun 2021 lalu kita meraih peringkat ketiga. Saya berharap prestasi tersebut bisa ditingkatkan lagi, sebab kabupaten kota lain juga mempunyai harapan dan motivasi yang sama, yaitu meningkatkan prestasi dan memperbaiki posisi ranking pada setiap cabang perlombaan," harapnya.

Selanjutnya, kata Heri Iswahyudi pada acara yang dihadiri jajaran pemerintah daerah, kementerian agama, forkopimda serta tokoh agama dan masyarakat, seiring dengan telah melandainya wabah Covid-19, di mana pada 2023 mendatang diharapkan telah hilang sepenuhnya, Heri berkeinginan agar seleksi calon peserta MTQ Provinsi Lampung 2023 bisa dilakukan melalui MTQ Kabupaten Pringsewu. 

"Oleh karena itu saya meminta para camat untuk dapat mempersiapkannya dari sekarang, mulai dari perencanaan, proses rekruitmen calon peserta dan program pembinaan di tingkat kecamatan," pintanya. (Kmf/ Isnanto Hapsara)